Sukses


    Semifinal Piala Dunia, Belgia Tanpa Rasa Takut Tantang Prancis

    Jakarta Belgia akan berjumpa Prancis pada babak semifinal Piala Dunia 2018 Rabu (11/7) dini hari WIB. Jelang laga tersebut, pelatih timnas Belgia, Roberto Martinez menitipkan sebuah pesan penting untuk pemainnya.

    Martinez berpesan agar pasukannya tampil tanpa rasa takut pada pertandingan lawan Prancis yang digelar di Saint-Petersburg Stadium.

    Belgia punya alasan kuat mengapa tak perlu takut pada Prancis. Sebab, mereka lolos setelah menyingkirkan Brasil di babak perempat final. Belgia mengalahkan juara Piala Dunia 2002 tersebut dengan skor 2-1 pada laga 2x45 menit.

    Kemenangan atas Brasil jadi modal yang baik untuk Belgia. Sementara, Prancis melaju ke semifinal usai menang dengan skor 2-0 atas Uruguay.

    Menurut Martinez, bermain tanpa rasa takut harus dilakukan oleh Romelu Lukaku dan kawan-kawan. Pasalnya, Belgia memang sudah berada di level permainan sepakbola yang tinggi. Tim-tim besar mampu dikalahkan oleh Belgia sejauh ini.

    "Tim ini harus bermain tanpa rasa takut sama sekali. Jika kami mendatangi laga dengan rasa takut di dalah hati, maka kami akan kalah. Kami bisa melaju lebih jauh dari yang sudah kami capai saat ini," buka Martinez.

    "Bermain tanpa rasa takut mungkin akan jadi satu-satunya hal yang bisa membantu kami untuk meraih kemenangan," tegas mantan pelatih Everton tersebut.

    2 dari 3 halaman

    Thierry Henry Jadi Kunci

    Pada laga melawan Prancis, Martinez menyebut adalah sosok kunci yang bakal membantu Belgia. Sosok tersebut tidak lain adalah Thierry Henry, sang legenda timnas Prancis.

    Henry adalah salah satu staf pelatih Martinez di Belgia. Henry bertugas untuk membenahi lini serangan Setan Merah. Dia bertanggung jawab pada ketajaman Romelu Lukaku dan kawan-kawan. Henry pastinya sudah hafal dengan karakter dan gaya bermain Prancis.

    "Henry adalah legenda hidup dalam sepakbola. Dia adalah sosok yang istimewa. Dia membawa pengalamannya sebagai pemenang Piala Dunia [1998] kepada kami. Itu adalah hal yang bagus," ucap Martinez.

    3 dari 3 halaman

    Waspadai Mbappe

    Melawan Prancis, menurut Martinez, maka para pemain belakang harus ekstra waspada. Sebab, Le Blues punya banyak penyerang yang berkualitas. Selain Antoine Griezmann, Prancis juga punya bomber muda Kylian Mbappe.

    Mbappe punya kecepatan yang bagus dan bisa melakukan aksi individu untuk melewati pemain belakang lawan. Tapi, Martinez cukup yakin bisa meracik taktik untuk menetralisir aksi Mbappe.

    "Itu (menghentikan Mbappe) adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Saya pikir tidak ada jawaban mudah soal itu karena Mbappe adalah pemain luar biasa dalam kondisi tersebut (serangan cepat)," ucap Martinez.

    Video Populer

    Foto Populer