Fakta-fakta Semifinal Piala Dunia 2018

pada 10 Jul 2018, 10:38 WIB
Diperbarui 10 Jul 2018, 10:38 WIB
FOTO: Kalahkan Brasil, Belgia Tantang Prancis di Semifinal
Para pemain Belgia merayakan kemenangan atas Brasil pada laga perempat final Piala Dunia di Kazan Arena, Kazan, Jumat (6/7/2018). Belgia menang 2-1 atas Brasil. (AP/Francisco Seco)

Jakarta Piala Dunia 2018 tinggal selangkah lagi menuju partai puncak. Empat tim tersisa akan berlaga di babak semifinal.

Prancis dan Belgia akan berhadapan di Saint Petersburg Stadium. Kroasia dan Inggris akan berduel di Luzhniki Stadium.

Ada beberapa fakta dan statistik menarik yang melatarbelakanginya. Seperti dilansir FIFA.com, berikut pembahasannya.

2 dari 10 halaman

Piala Dunia Cita Rasa Piala Eropa

Kroasia - Rusia
Timnas Kroasia menang 4-3 melalui adu penalti atas Rusia dalam perempat final Piala Dunia 2018, di Stadion Olimpiade Fisht, Sabtu (7/7/2018) atau Minggu dini hari WIB. (AP/Manu Fernandez)

Empat semifinalis tahun ini semuanya merupakan wakil Eropa. Ini adalah sesuatu yang cukup langka.

Sebelumnya, all-European semi-finals baru pernah empat kali tersaji di panggung Piala Dunia. Keempat-empatnya tersaji ketika turnamen akbar ini digelar di tanah Eropa.

Empat edisi tersebut adalah 1934 (Italia), 1966 (Inggris), 1982 (Spanyol) dan 2006 (Jerman).

3 dari 10 halaman

Bukan Langganan Semifinal

FOTO: Singkirkan Uruguay, Prancis Melangkah ke Semifinal
Para pemain Prancis merayakan gol yang dicetak Antoine Griezmann ke gawang Uruguay pada laga perempat final Piala Dunia di Stadion Nizhny Novgorod, Nizhny Novgorod, Jumat (6/7/2018). Prancis menang 2-0 atas Uruguay. (AP/Ricardo Mazalan)

Prancis, Belgia, Kroasia dan Inggris bukanlah langganan semifinal Piala Dunia. Sudah cukup lama sejak terakhir kali mereka lolos hingga empat besar.

Prancis terakhir kali tampil di semifinal Piala Dunia: 2006.

Belgia terakhir kali tampil di semifinal Piala Dunia: 1986.

Kroasia terakhir kali tampil di semifinal Piala Dunia: 1998.

Inggris terakhir kali tampil di semifinal Piala Dunia: 1990.

4 dari 10 halaman

Saling Mengenal

Prediksi Prancis vs Belgia
Prancis vs Belgia (Abdillah/Liputan6.com)

Prancis dan Belgia sudah sangat saling mengenal. Sebelum ini, mereka sudah 73 kali bertemu di semua ajang, baik turnamen resmi maupun persahabatan.

Belgia unggul head-to-head dengan 30 kemenangan, sedangkan Prancis 24 kali menang, dan 19 pertemuan lainnya berkesudahan imbang.

Namun Prancis lebih unggul di panggung Piala Dunia, memenangi dua pertemuan mereka di tahun 1938 (3-1) dan 1986 (4-2).

5 dari 10 halaman

Milestone Dua Pelatih

Didier Deschamps
Didier Deschamps mengaku bangga dengan penampilan skuat Prancis pada laga melawan Argentina. (doc. FIFA)

Pelatih Belgia Roberto Martinez (dari Spanyol) adalah pelatih asing pertama yang membawa sebuah negara lolos ke semifinal Piala Dunia sejak terakhir kali Luiz Felipe Scolari (dari Brasil) melakukannya bersama Portugal pada 2006.

Sementara itu, pertandingan melawan Belgia nanti akan menjadi pertandingan ke-11 Didier Deschamps di Piala Dunia, rekor baru untuk Prancis.

6 dari 10 halaman

Digdaya

FOTO: Kalahkan Brasil, Belgia Tantang Prancis di Semifinal
Bek Belgia, Vincent Kompany, merayakan gol bunuh diri yang dilakukan gelandang Brasil, Fernandinho, pada laga perempat final Piala Dunia di Kazan Arena, Kazan, Jumat (6/7/2018). Belgia menang 2-1 atas Brasil. (AP/Andre Penner)

Belgia adalah satu-satunya tim yang memenangi semua pertandingan mereka di Piala Dunia 2018 sejauh ini (5 kemenangan). Selain itu, Belgia juga merupakan tim paling produktif di turnamen ini dengan 14 gol.

Gol terbanyak di Piala Dunia 2018 sejauh ini:

14 - Belgia

11 - Inggris

11 - Rusia

10 - Kroasia

09 - Prancis.

7 dari 10 halaman

Adu Penalti

FOTO: Lewat Drama Adu Penalti, Kroasia Singkirkan Rusia
Para pemain Kroasia merayakan kemenangan atas Rusia pada laga perempat final Piala Dunia di Stadion Fisht, Sochi, Sabtu (7/7/2018). Kroasia menang 2-2 (4-3) atas Rusia. (AP/Manu Fernandez)

Kroasia lolos ke semifinal lewat dua kemenangan adu penalti melawan Denmark di babak 16 besar dan Rusia di perempat final. Kroasia pun menjadi tim kedua setelah Argentina pada 1990 yang memenangi dua adu penalti dalam satu edisi Piala Dunia.

Sementara itu, di babak 16 besar melawan Kolombia, Inggris memenangi adu penalti pertamanya di Piala Dunia (tiga sebelumnya selalu kalah).

8 dari 10 halaman

Semifinal Ketiga Tiga Singa

FOTO: 2 Gol Sundulan Pemain Inggris Buat Swedia Tak Berdaya
Pelatih Inggris, Gareth Southgate, menyapa pemainnya usai mengalahkan Swedia pada laga perempat final Piala Dunia di Samara Arena, Samara, Sabtu (7/7/2018). Inggris menang 2-0 atas Swedia. (AP/Thanassis Stavrakis)

Semifinal tahun ini adalah semifinal ketiga Inggris di Piala Dunia. Tim Tiga Singa mencapai tiga semifinal itu ketika turnamen ini digelar di Eropa, yakni saat menjadi tuan rumah edisi 1966, di Italia 1990, dan Rusia 2018.

Bagi Kroasia, ini adalah semifinal Piala Dunia yang kedua. Sebelumnya, Kroasia mencapai empat besar di Prancis 1998 - kalah dengan skor 1-2 melawan tuan rumah.

Namun Kroasia boleh percaya diri, karena mereka tak terkalahkan dalam lima laga terakhirnya di Piala Dunia dan selalu mencetak gol dalam sembilan laga secara beruntun (rekor untuk Kroasia).

9 dari 10 halaman

Mesin Gol

FOTO: 4 Bintang Berebut Gelar Top Scorer Piala Dunia 2018
1. Harry Kane (Inggris) - Striker dari Tottenham ini sementara menjadi pemain paling subur dengan koleksi enam gol. Peluangnya menjadi top scorer terbuka lebar karena dirinya akan kembali menjadi andalan saat melawan Kroasia. (AFP/Alexander Nemenov)

Harry Kane (Inggris) adalah top scorer sementara Piala Dunia 2018 dengan torehan enam golnya.

Top goal-getter dari tiga semifinalis lainnya adalah: Romelu Lukaku (Belgia; 4 gol), Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe (Prancis; masing-masing 3 gol), serta Luka Modric (Kroasia; 2 gol).

Sumber: Bola.net

10 dari 10 halaman

Jadwal Semifinal

Lanjutkan Membaca ↓