Sukses


    Kroasia vs Inggris, Lingard dan Dele Alli Harus Lebih Kreatif

    Jakarta Inggris akan bertemu dengan Kroasia di semifinal Piala Dunia 2018. Pertemuan ini menjadi yang pertama bagi kedua tim di ajang Piala Dunia, dan semifinal ini menjadi yang pertama bagi Inggris sejak 28 tahun yang lalu.

    Inggris telah mengejutkan banyak pihak sejauh ini. Banyak diragukan mampu melangkah jauh dengan materi pemain muda mereka, namun pelatih Gareth Southgate mampu membuktikan bahwa umur bukan halangan untuk tampil impresif di event akbar sekelas Piala Dunia.

    Menghadapi Kroasia akan menjadi ujian besar bagi Inggris. Bahkan diyakini, ini adalah ujian tersulit bagi The Three Lions selama helatan Piala Dunia 2018 ini.

    Menghadapi tim dari negara Balkan tersebut, Chris Sutton memberikan pendapatnya sebelum semifinal Piala Dunia 2018 ini digelar. Beberapa pendapatnya menyoroti bagaimana kinerja dari beberapa pemain Inggris dan apa yang seharusnya dilakukan saat menghadapi Kroasia. 

    2 dari 6 halaman

    Jordan Pickford

    Meskipun telah mampu menunjukkan mengapa namanya layak menjadi kiper nomor satu Inggris di Piala Dunia 2018 kali ini, namun Sutton memiliki beberapa catatan untuknya.

    "Kiper sekarang juga dinilai dengan kemampuan kedua kakinya. Saya tak menyalahkan bagaimana dia menyalurkan bola, tapi saya lebih terkesan dengan kemampuannya untuk menggagalkan peluang lawan di momen-momen penting," ujarnya.

    3 dari 6 halaman

    Harry Maguire

    Pujian juga diberikan Sutton untuk Harry Maguire yang selama Piala Dunia 2018 bermain di posisi bek tengah kiri dalam sistem tiga bek yang diusung The Three Lions.

    "Luar biasa. Dia memaksimalkan kesempatan yang diberikan padanya dan menjadi seorang bintang sejati di turnamen ini. Saya kira Gary Cahill akan membuatnya kesulitan bermain, tapi dia sudah membayar lebih untuk kepercayaan Gareth Southgate," ujarnya.

    "Maguire bertahan dengan baik, dia adalah ancaman nyata dalam bola-bola mati, dan kepercayaan diri atas kemampuannya adalah apa yang kita lihat dari semua itu. Bila ada kekurangan, itu adalah kecepatannya. Itu berarti dia harus selalu berada di posisi tepat di situasi tertentu, tapi dia sudah sangat mengalir dan menyatu."

    4 dari 6 halaman

    Jesse Lingard

    Pemain lain yang juga mendapatkan pujian dari Chris Sutton adalah Jesse Lingard. Banyak yang ragu setelah namanya muncul di skuat Inggris untuk Piala Dunia 2018, namun selama di Rusia, gelandang Manchester United tersebut telah membuktikan dia layak untuk dipercaya.

    "Dia telah bekerja sangat luar biasa untuk tim, terutama ketika Inggris tidak sedang menguasai bola. Dia sudah sangat keren dan efektif. Tapi sekarang melawan Kroasia saya ingin melihat lebih banyak kreativitas darinya," ujarnya.

    "Bila Inggris ingin memenangkan semifinal ini, ini mungkin akan bergantung pada satu umpan, satu momen brilian. Kita tahu Lingard akan berlari kencang, tapi saya ingin dia dan Dele Alli bisa menciptakan lebih banyak peluang untuk Harry Kane," tambahnya.

    5 dari 6 halaman

    Dele Alli

    Selain Lingard, pemain yang juga diharapkan Chris Sutton untuk bisa tampil lebih kreatif adalah Dele Alli. Menurutnya, gelandang Tottenham tersebut harus bisa menjadi pengatur serangan untuk membuka peluang bagi Harry Kane.

    "Akan ada banyak lagi yang datang darinya ... dan gol itu (melawan Swedia) akan meningkatkan kepercayaan dirinya. Itu adalah khas Dele Alli - berlari dengan cepat dan menyundul dengan bagus.

    Seperti Lingard, saya belum melihat dia membuat umpan yang benar-benar cerdas dan tajam untuk membuka peluang bagi Kane. Itu memang bukan bagian dari sebagian besar permainannya, tapi itu adalah yang kurang dari lini tengah Inggris," tandasnya.

    6 dari 6 halaman

    Harry Kane

    Kapten tim Inggris, Harry Kane sudah tampil impresif sepanjang gelaran Piala Dunia 2018 dengan torehan enam gol dan menjadi top skor sementara di Rusia. Chris Sutton yakin bahwa kekuatan mental Kane dan ketajamannya akan memberi peluang besar bagi Inggris untuk melewati hadangan Kroasia di semifinal.

    "Dia memiliki kekuatan mental yang luar biasa. Mampu membangun serangan dan penghubung antar lini di timnas Inggris. Dia adalah salah satu pemain Inggris yang semua lawan tahu mereka harus memberikan perhatian kepadanya," ujarnya.

    "Kane melanjutkan performa gemilangnya dalam aspek mencetak gol, dan dengan enam gol atas namanya, dia memiliki peluang besar untuk menyabet sepatu emas," tambahnya.

    "Bila Inggris mendapatkan kesempatan untuk memenangkan semifinal, anda tak akan ingin gelar itu jatuh ke pemain lain di turnamen ini," tandasnya.

     

    Sumber: Bola.net

    Video Populer

    Foto Populer