Peran Sterling di Timnas Inggris Masih Vital

pada 11 Jul 2018, 15:37 WIB
Keseruan Pemain Inggris Main Lempar-Lemparan Ayam Jelang Hadapi Kroasia

Jakarta Pelatih Inggris, Gareth Southgate, sepertinya tidak begitu terpengaruh dengan kritikan yang sedang melanda salah satu pemainnya, Raheem Sterling. Ia masih menganggap pemain Manchester City itu punya peran vital untuk The Three Lions.

Sterling sudah menjadi objek cibiran publik bahkan sebelum Piala Dunia 2018 secara resmi dimulai. Pada saat itu, publik menyoroti tato di kaki kanan Sterling, yang kemudian diklarifikasi sebagai memoriam ayahnya dan masih belum selesai.

Penampilannya di sepanjang Piala Dunia pun tak terhindar dari sorotan tajam. Puncaknya terjadi saat Inggris menghadapi Swedia di babak perempat final lalu, di mana ia gagal mengkonversi dua peluang menjadi gol.

2 of 3

Kontribusi Sterling

FOTO: 2 Gol Sundulan Pemain Inggris Buat Swedia Tak Berdaya
Gelandang Inggris, Raheem Sterling, berusaha membobol gawang Swedia pada laga perempat final Piala Dunia di Samara Arena, Samara, Sabtu (7/7/2018). Inggris menang 2-0 atas Swedia. (AP/Thanassis Stavrakis)

Walaupun demikian, ia tetap tampak berbahaya di mata pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, yang akan menjadi lawan The Three Lions di babak semifinal hari Kamis (12/7) dini hari nanti. Southgate pun memiliki kesamaan pandangan.

"Saya tidak terkejut bila Kroasia menganggap Raheem sebagai pemain kunci. Bila anda melihat semua pola serangan kami, dan cara kami mengkombinasikan empat pemain depan, dia memiliki peran," ujar Southgate seperti yang dikutip dari Sky Sports.

"Dia adalah pemain yang diapresiasi oleh tim. Saya telah bertemu banyak mantan pemain, dan mendapatkan pesan dari mereka, yang juga memiliki pandangan sama. Kami sangat puas dengan kontribusinya," lanjutnya.

3 of 3

Pemain Inggris Fit

Raheem Sterling
Raheem Sterling saat Inggris berhadapan dengan Swedia

Sterling serta 22 pemain Inggris lainnya cukup fit untuk bisa tampil pada laga semifinal nanti. Southgate pun melontarkan pujian kepada para dokter tim yang memiliki jasa di balik itu.

"Semua pemain kami bisa tampil. Penghargaan besar kepada para pemain kami untuk komitmen mereka terhadap program fisik yang telah kami jalankan," tambahnya.

"Juga untuk staf medis kami, yang telah menyatukan program dan membuat semua pemain kami fit di setiap sesi latihan," pungkasnya.

Sebelum laga kontra Swedia beberapa waktu lalu, sedikitnya ada empat pemain Inggris yang sempat berurusan dengan cedera ringan. Mereka adalah Jamie Vardy, Ashley Young, Dele Alli, dan Kyle Walker.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓