Langsung dari Rusia: Perjalanan Nyaman dengan Kereta Tingkat ke Saint-Petersburg

Oleh Okie Prabhowo pada 14 Jul 2018, 17:59 WIB
Kereta Tingkat Rusia

 

Laporan langsung jurnalis KLY Sports dari Saint-Petersburg, Rusia KLY Sports bersiap untuk pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2018, Belgia melawan Inggris di Saint-Petersburg Stadium, Rusia. Menuju ke sana, kereta menjadi pilihan transportasi yang cocok bila berencana untuk semalaman di perjalanan.

Perjalanan ke Saint-Petersburg menggunakan kereta yang berangkat pukul 10.58 malam hsri dari stasiun Leningradsky. Sesuai jadwal, tiba di Saint-Petersburg pukul 06.45 pagi hari. Pilihan kereta overnight ini sangat tepat. Mengapa?

Alasannya adalah fasilitas kasur untuk penumpang bisa tidur pada saat perjalanan. Dalam satu ruangan terdapat empat ranjang lipat, dua di bawah dan dua lagi berada di atas. Kereta ini juga memiliki lantai dua dengan fasilitas yang sama.

Menurut Katarina asal Moscow, kereta seperti ini sudah umum digunakan bagi para penumpang yang ingin tidur selama perjalanan. “Ya, ini cocok bagi yang berangkat malam dan ingin tiba di Saint-Petersburg pagi hari. Di kereta, kami biasanya hanya tidur,” jawab Katarina yang cukup lancar berbahasa Inggris kepada Bola.com.

Namun, untuk di ranjang bagian atas, bila memiliki postur tubuh agak besar akan mengalami kesulitan saat ingin berbaring. Letaknya cukup dekat dengan langit-langit dan lebar ranjangnya tidak terlalu besar. Selain itu, pusat listrik hanya di bagian bawah sehingga sulit bila ingin mengisi baterai smartphone.

Terdapat kasur di setiap kamar dalam kereta tingkat di Rusia. (Bola.com/Okie Prabhowo)

Kereta masih dalam kategori sangat nyaman. Kereta ini juga dilengkapi dispenser bila ingin menikmati teh atau kopi.

Meski nyaman, kita tetap harus menghormati penumpang lain, khususnya yang masih dalam satu ruangan kamar. Bila penumpang lain tidur, mau tidak mau kita harus menghentikan perbincangan atau aktivitas yang menimbulkan suara. Kita tentunya mau tidak mau juga akan ikut beristirahat.

Pagi hari yang cerah dan waktu gelap yang cukup cepat di Saint-Petersburg membuat mata ini otomatis terbuka. Sampailah di Stasiun Saint-Petersburg. Destinasi selanjutnya tentu stadion untuk laga Belgia melawan Inggris pada partai perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2018.