Peraih Ballon d'Or Berikutnya Ada di Final Piala Dunia 2018

pada 15 Jul 2018, 06:54 WIB
Diperbarui 15 Jul 2018, 06:54 WIB
Penalti Piala Dunia 2018
Luka Modric mencetak gol lewat penalti saat Kroasia melawan Nigeria pada laga grup D Piala Dunia 2018 di Kaliningrad Stadium, Kaliningrad, Rusia, (16/6/2018). Kroasia menang 2-0. (AP/Michael Sohn)

Jakarta Final Piala Dunia 2018 Rusia tinggal menghitung jam. Prancis vs Kroasia akan berusaha saling mengalahkan demi merebut satu trofi tertinggi di jagat sepak bola tersebut, Minggu (15/7) pukul 22.00 WIB nanti.

Laga ini diprediksi akan berjalan ketat, tim yang berhasil mencuri gol lebih dahulu akan diuntungkan. Di atas kertas, Prancis memang lebih diunggulkan karena memiliki materi pemain yang lebih baik. Namun jika berbicara soal mentalitas, Kroasia jagonya.

Mantan peraih trofi Piala Dunia, David Trezeguet pun percaya laga ini bukan hanya soal persaingan kedua tim, melainkan beberapa pemain bintang di Prancis dan Kroasia. Menurutnya laga ini akan jadi penentu pemenang Ballon d'Or berikutnya.

"Ya, itu (Ballon d'Or) akan bergantung pada hasil laga ini namun ini di antara (Antoine) Griezmann, (Kylian) Mbappe dan (Luka Modric). Saya berpikir Mbappe lebih favorit, dia sudah menjad sensasi di usianya yang baru 19 tahun dan dia bisa berbuat lebih di masa depan," kata Trezeguet di marca.

2 dari 3 halaman

Kekuatan Eropa

Prancis Melaju ke Final Piala Dunia 2018
Pemain timnas Prancis, Antoine Griezmann merayakan kemenangan atas Belgia pada babak semifinal di Stadion St. Petersburg, Selasa (10/7). Gol Samuel Umtiti mengantarkan Prancis mendepak Belgia sekaligus lolos ke final Piala Dunia 2018. (AP/Pavel Golovkin)

Final Piala Dunia kali ini sekali lagi menjadi pertunjukan dominasi tim-tim Eropa. Trezeguet pun mengaku tak terkejut dengan fakta ini, sebab baginya dalam beberapa tahun terakhir sepak bola Eropa terus berkembang melewati sepak bola Amerika Selatan.

"Ya, realitanya adalah sepak bola Eropa telah menjadi kian penting dalam beberapa tahun terakhir ketimbang sepak bola Amerika Selatan. Karena itulah kami (Eropa) menguasai keempat semifinalis."

"Prancis adalah contoh jelas soal ambisi sejak awal, meskipun Inggris mengejutkan saya dengan hasrat pemain muda mereka," imbuhnya.

"Belgia juga menunjukkan latar belakang kerja keras yang terus mereka lakukan di Eropa, adalah hal normal kontinen ini akan mendominasi."

3 dari 3 halaman

Pertandingan Menarik

Menyoal laga final nanti, Trezeguet tak ragu laga itu akan menyajikan pertunjukan menarik. Dia percaya kedua tim memiliki gaya sepak bolanya masing-masing, yang sama baiknya. Pertandingan itu akan berjalan terbuka.

"Itu (final) akan menjadi pertandingan yang sangat atraktif karena kedua tim memainkan sepak bola yang bagus. Prancis terus konsisten di level tertinggi, mereka berkembang berdasarkan kerja keras di kompetisi Eropa."

"Mereka sudah menunjukkan kekuatan menyerang yang luar biasa, Prancis juga selalu punya magis seperti di masa lalu. Ini akan jadi laga final yang sangat terbuka," tutup Trezeguet. (mrc/dre)

 

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓