Deschamps: Prancis, Tim Muda di Puncak Dunia

pada 16 Jul 2018, 04:28 WIB
Didier Deschamps.

Jakarta Didier Deschamps memberikan pujian penuh kepada para pasukannya. Maklum saja, Prancis baru saja memastikan diri menjadi juara Piala Dunia dengan mengalahkan Kroasia di partai final yang digelar di Luzhniki Stadium.

Dechamps senang karena para pemainnya relatif masih muda tetapi sudah bisa menunjukkan kekuatan untuk menjadi juara di kancah sepakbola terbesar sejagad.

Karenanya, Deschamps menolak anggapan timnas Prancis sukses karena kepemimpinannya. Yang pantas dipuji dari kesuksesan kali ini adalah para penggawa Les Bleus.

2 of 3

Di Puncak Dunia

Didier Deschamps.
Didier Deschamps dan tim pelatih Prancis. (AP/Thanssis Stavrakis)

Usia rata-rata para penggawa Prancis yang dibawa dalam Piala Dunia kali ini adalah 26 tahun 1 bulan. Artinya, prancis memiliki skuat termuda kedua dibanding seluruh kontestan tahun 2018 ini.

"Sungguh luar biasa! Ini adalah tim muda, sekarang mereka sudah berada di puncak dunia. Sebagian pemain kami sudah menjadi juara saat berusia 19 tahun," cetus Deschamps seperti dilansir ESPN.

"Kami memang tidak menunjukkan permainan yang sangat hebat, tapi kami menunjukkan kualitas mental yang bagus. Lagipula kami mencetak empat gol. Para pemain saya layak menang. Tim ini bekerja dengan sangat keras dan kami mengalami beberapa momen sulit di sepanjang perjalanan. Rasanya menyakitkan sekali kalah di final Euro dua tahun lalu, tapi itu juga membuat kami belajar."

3 of 3

Bukan Pahlawan

Didier Deschamps.
Deschamps dan putranya, Dylan. (AP/Martin Meissner)

Deschamps menjadi orang ketiga yang bisa menjadi juara Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih, setelah Mario Zagallo dan Franz Beckenbauer. Deschamps merupakan kapten tim Prancis yang menjadi juara pada Piala Dunia 1998 di kandang sendiri. Kini ia memimpin tim dari bench

Namun ia menolak dianggap sebagai sosok di balik kesuksesan Prancis kali ini. Yang paling berjasa, menurut Deschamps, adalah para pemainnya.

"Kemenangan ini bukan tentang saya. Para pemain lah yang memenangkan pertandingan. Selama 55 hari terakhir, kami sudah bekerja dengan sangat keras. Ini adalah penahbisan yang sebenarnya di level tertinggi. Kami bangga menjadi orang Prancis, untuk jadi les Bleus. kemenangan ini menjadi milik seluruh orang prancis. Vive le Republic!"

Lanjutkan Membaca ↓