Sukses


    Fakta Menarik Usai Prancis Juara Piala Dunia 2018

    Jakarta Piala Dunia 2018 di Rusia akhirnya berakhir  Timnas Prancis tampil sebagai juara setelah mengalahkan Kroasia 4-2 dalam laga final di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Minggu (15/7/2018) malam WIB.

    Ini merupakan trofi Piala Dunia kedua yang dimenangkan Timnas Prancis. Sebelumnya, mereka juara di Piala Dunia 1998 saat menjadi tuan rumah.

    Prancis membuka keunggulan di menit ke-18 lewat gol bunuh diri Mario Mandzukic setelah upaya menghalau tendangan bebas Antoine Griezmann justru menjebol gawang sendiri. Kroasia kemudian membalas lewat tendangan keras kaki kiri Ivan Perisic di menit ke-28.

    Sepuluh menit berselang, Griezmann menggandakan keunggulan Prancis lewat eksekusi penalti. Gol Paul Pogba di menit ke-59 membuat Prancis unggul menjadi 3-1.

    Kylian Mbappe membuat Prancis kian menjauh setelah tendangannya dari luar kotak penalti di menit ke-65. Kroasia sempat menghidupkan harapan lewat gol Mandzukic. Skor berubah menjadi 4-2, masih untuk Prancis.

    Sayang, hingga tambahan waktu lima menit Kroasia tak bisa menambah pundi-pundi golnya. Prancis pun menang dan berhak atas trofi Piala Dunia.

    Selain itu, final Piala Dunia 2018 menghadirkan sejumlah fakta menarik. Berikut beberapa di antaranya:

    2 dari 3 halaman

    Fakta Menarik

    1. Didier Deschamps menjadi orang ketiga yang memenangkan trofi Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih. Ia menyamai rekor Mario Zagallo (Brasil) dan Franz Beckenbauer (Jerman).

    Deschamps mengangkat trofi Piala Dunia sebagai pemain pada 1998 silam ketika Prancis menjadi tuan rumah. Kini, ia kembali memenangkannya sebagai pelatih Timnas Prancis di Piala Dunia 2018.

    2. Sukses Timnas Prancis merengkuh trofi Piala Dunia 2018 mematahkan tradisi lawas akan lahir juara dunia baru setiap 20 tahun sekali. Dimulai Brasil yang memenangkan Piala Dunia perdana pada 1958, diikuti Argentina di 1978, serta selanjutnya Prancis.

    Namun, tradisi itu dihentikan Prancis. Paul Pogba dan kawan-kawan mengalahkan Kroasia, yang belum pernah menjadi juara Piala Dunia, dengan skor 4-2 di partai final.

    3. Dalam edisi-edisi final sebelumnya, belum pernah tercipta tiga gol di babak pertama dalam final Piala Dunia. Hal itu terakhir kali terjadi pada Piala Dunia 1974 saat Jerman Barat mengalahkan Belanda dengan skor 2-1.

    3 dari 3 halaman

    Fakta Lainnya

    4. Striker Timnas Prancis Kylian Mbappe menjadi pemain ketiga termuda yang tampil di final Piala Dunia. Mbappe kini berusia 18 tahun.

    Sebelumnya ada Pele yang tampil memperkuat Timnas Brasil di Piala Dunia 1958 saat berusia 17 tahun. Selanjutnya bek Italia Giuseppe Bergomi yang berusia 18 tahun di Piala Dunia 1982.

    5. Catatan lain dibuat Mbappe di final Piala Dunia 2018. Ia menjadi pemain muda termuda kedua yang mencetak gol pada final Piala Dunia.

    6. Paul Pogba menyamai prestasi Sir Bobby Charlton, Nobby Stiles, dan John Connelly yang merengkuh trofi Piala Dunia. Ketiga legenda Manchester United (MU) memenangkannya di Piala Dunia 1966 bersama Timnas Inggris

    7. Pogba juga menjadi pemain Liga Inggris pertama yang mencetak gol di final Piala Dunia sejak Emmanuel Petit pada 1998 yang saat itu memperkuat Arsenal.

    Video Populer

    Foto Populer