Mourinho Sesalkan Kesalahan VAR di Final Piala Dunia 2018

pada 17 Jul 2018, 15:48 WIB
Diperbarui 17 Jul 2018, 15:48 WIB
Jose Mourinho

Jakarta Pelatih Manchester United, Jose Mourinho turut menyumbangkan pendapatnya soal VAR di Piala Dunia 2018 Rusia. Mourinho selama ini dikenal sebagai salah satu sosok yang terus mendukung VAR, namun dia mengakui VAR telah salah digunakan.

Mourinho menyoroti keputusan wasit yang menghadiahkan penalti pada Prancis di final Piala Dunia 2018 kontra Kroasia (4-2) akhir pekan lalu. Menurutnya, wasit telah salah menggunakan VAR.

Pelatih nyentrik ini mengakui bahwa VAR sudah banyak membantu di Piala Dunia. Namun dia juga meminta penentuan batasan VAR yang lebih jelas, sebab baginya penalti di final itu adalah salah satu kesalahan VAR.

Bagi Mourinho, VAR hanya boleh digunakan pada kesalahan fatal saat wasit kesulitan mengambil keputusan. Selebihnya, dia percaya sebaiknya penggunaan VAR lebih dibatasi.

"Saya tidak begitu senang. Penalti untuk Prancis berperan besar dan, maag, itu adalah keputusan yang tidak merepresentasikan konsep VAR," kata Mourinho dinukil dari marca.

"Bagi saya, VAR harus digunakan untuk kesalahan fatal - situasi jelas dari kesalahan perwasitan - dan kemarin adalah contoh yang menimbulkan banyak keraguan dan ketidakadilan untuk tim yang sudah bekerja dengan sangat baik."

2 dari 2 halaman

Brasil Mengecewakan

Pemain Brasil
Pemain timnas Brasil meninggalkan lapangan dengan kecewa setelah kalah dari Belgia pada laga perempat final Piala Dunia 2018 di Stadion Kazan Arena, Jumat (6/7). Brasil terdepak dari Piala Dunia 2018 setelah takluk dari Belgia 1-2. (Roman Kruchinin/AFP)

Lebih lanjut, saat ditanya pendapatnya soal Piala Dunia ini, bagaimanapun Mou mengakui Prancis memang layak juara. Dia menilai pasukan Didier Deschamps itu sudah belajar banyak dari kegagalan dua tahun lalu di Euro 2016.

Di saat yang sama, Mourinho juga kecewa melihat penampilan Brasil yang menurutnya bisa jauh lebih baik.

"Prancis datang dari final kompetisi Eropa dan dua tahun kemudian mereka di final Piala Dunia."

"Jika harus memillih satu tim yang mengecewakan saya, saya pilih Brasil," tandas Mou.

 

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓