Warisi Timnas Spanyol, Enrique Siap Hadapi Tantangan

pada 18 Jul 2018, 10:41 WIB
Diperbarui 20 Jul 2018, 08:15 WIB
Luis Enrique

Jakarta Luis Enrique menegaskan bahwa ia sudah siap menjalani tantangan baru sebagai pelatih timnas Spanyol. Ia merasa siap menjalani tantangan yang bakal dihadapi oleh La Roja ke depannya.

Enrique mewarisi timnas Spanyol yang bisa dibilang masih syok. Menjelang Piala Dunia, RFEF memecat Julen Lopetegui karena secara terbuka menyatakan akan bergabung dengan Real Madrid.

Sepanjang Piala Dunia, Spanyol dipimpin oleh Fernando Hierro dan mereka tersingkir saat masih berada di babak 16 besar. Spanyol kalah dalam adu penalti melawan tuan rumah Rusia. Setelah Piala Dunia, masa tugas Hierro tak diperpanjang lagi.

2 of 3

Enrique Siap

FOTO: Persembahan Terakhir Luis Enrique untuk Barcelona
Pelatih Barcelona, Luis Enrique, tampak gembira meraih gelar Copa Del Rey usai mengalahkan Alaves pada laga final di Stadion Vicente Calderon, Madrid, Sabtu (27/5/2017). Barcelona menang 3-1 atas Alaves. (AP/Francisco Seco)

Enrique mewarisi tim yang sebenarnya masih mempertanyakan berbagai keputusan petinggi RFEF yang dipimpin oleh Luis Rubiales. Sebagian pemain senior Spanyol tidak bisa memahami mengapa Lopetegui harus dipecat hanya sesaat menjelang Piala Dunia dimulai.

Enrique pun mendapatkan tugas yang tidak mudah. Selain karena harus membangun tim baru, ia juga harus mampu menata mentalitas para penggawa Spanyol ke depannya agar bisa lebih sukses.

Enrique yakin bisa menjalani tantangan itu dengan baik karena Spanyol sudah punya modal berharga. Selain para pemain yang berkualitas, Spanyol juga telah memiliki tradisi sepakbola yang bagus, sempat mendominasi dunia beberapa tahun silam.

"Saya sudah lebih dari siap untuk menghadapi tantangan bersama timnas Spanyol. pekerjaan ini terasa istimewa karena kami bisa mewakili negara kami. Selain itu, tim ini sudah terbiasa menjadi juara, memenangkan banyak hal. Timnas Spanyol banyak menjadi referensi bagi seluruh dunia," terang Enrique kepada Marca.

3 of 3

Belum Ada Target

Luis Enrique
Luis Enrique (AP Photo/Manu Fernandez)

Luis Enrique baru saja datang ke markas timnas Spanyol di Las Rozas pada hari Selasa waktu setempat. Ia tentu belum menjalani pertemuan dengan para pemain timnas Spanyol karena setelah Piala Dunia, semua pemain memang langsung diliburkan.

Meski bersemangat menangani timnas, Enrique belum mau menetapkan target bagi Spanyol. Dalam waktu dekat, Spanyol akan berhadapan dengan Inggris dan kroasia di ajang UEFA Nations League. Laga pertama Enrique bersama timnas Spanyol kemungkinan besar adalah melawan Inggris di Wembley pada awal September mendatang. Artinya, Enrique juga belum tahu berapa lama ia akan menangani Spanyol.

"Saya sebenarnya tidak tahu tentangan target jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. Dalam sepakbola, anda seringkali tidak bisa mengetahui kapan waktu terbaik untuk melakukan sesuatu. Tapi kesempatan untuk menangani timnas Spanyol ini sudah mendatangi saya."

 

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓