Piala AFF: Bukan Timnas Indonesia, Filipina Sebut Thailand Rival Terberat

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 01 Mei 2018, 17:12 WIB
Timnas Filipina

Jakarta Filipina sama sekali tak menyebut Timnas Indonesia sebagai rival terberat di Piala AFF 2018. The Azkals justru menunjuk Thailand sebagai pesaing utama dalam merebut gelar juara.

Drawing Piala AFF 2018 bakal digelar pada Rabu (2/5/2018) di Hotel Mulia, Jakarta Pusat. Sebelum pengundian, dilakukan pembagian terhadap sepuluh negara ke dalam lima pot.

Pot pertama ditempati oleh Thailand dan Vietnam. Praktis, kedua negara tersebut tidak akan berada dalam satu grup, sedangkan Timnas Indonesia berada di pot kedua bersama Malaysia. Pot ketiga dan seterusnya dihuni oleh Filipina, Myanmar, Singapura, Kamboja, Laos, Brunei Darussalam atau Timor Leste.

Masing-masing negara yang berada di pot yang sama tidak akan bertemu di babak penyisihan. Contohnya, Timnas Indonesia tidak mungkin berada dalam satu grup dengan Malaysia.

Maka dari itu, Timnas Indonesia berpeluang besar untuk bergabung dengan grup neraka yang dihuni Thailand, Filipina, Singapura, dan Laos. Namun, armada Luis Milla Aspas tidak terlalu diperhitungkan oleh salah satu calon pesaingnya, The Azkals.

"Ini akan menarik untuk melihat siapa yang kami jumpa di babak penyisihan grup. tetapi tidak ada tim khusus yang ingin kami hindari," ujar gelandang Filipina, Iain Ramsay dinukil dari laman Piala AFF.

"Saya (dapat) katakan Thailand adalah saingan terbesar kami di penyisihan. Filipina pernah hampir masuk final di edisi sebelumnya dan Thailand adalah tembok yang menghalangi kami untuk sampai ke sana," kata pemain Felda United itu.

2 of 3

Pembagian pot pengundian grup Piala AFF 2018

Tim Garuda Kalah, Stefano Lilipaly Tetap Dapat Dukungan
Meskipun tim garuda tak berhasil membawa pulang Piala AFF 2016, Stefano Lilipaly tetap mendapatkan dukungan dari netizen. (Foto: Instagram Stefano Lilipaly)

Pot 1: Thailand, Vietnam

Pot 2: Indonesia, Malaysia

Pot 3: Filipina, Myanmar

Pot 4: Singapura, Kamboja

Pot 5: Laos, Brunei Darussalam atau Timor Leste

3 of 3

Jadwal Piala AFF 2018

Play Off: Timor Leste vs Brunei Darussalam

3 dan 11 September 2018

Putaran Final: 8 November-15 Desember 2018

Lanjutkan Membaca ↓