Sukses


    Malaysia Merasa Jadi Tim Underdog di Piala AFF 2018

    Bola.com, Jakarta - Timnas Malaysia berada di Grup A Piala AFF 2018 yang akan digelar pada 8 November hingga 15 Desember 2018. Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, mengaku timnya sebagai underdog berada satu tim dengan Vietnam, Myanmar, Kamboja, dan Laos.

    Dalam pengundian babak grup Piala AFF 2018 yang digelar di Jakarta, Indonesia, Rabu (2/5/2018) sore, Malaysia berada satu pot dengan Indonesia, yaitu pot 2. Hasilnya, Malaysia berada di Grup A bersama Vietnam dan Myanmar yang dikenal cukup kuat, serta Kamboja dan Laos.

    Meski diundi dari pot 2, pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, merasa timnya bukan unggulan. Sebagai pelatih baru skuat Harimau Malaya, Tan Cheng Hoe merasa masih butuh waktu untuk mengembangkan timnya.

    "Kami berada di Grup A dan sebagai pelatih saya melihat tim kami menjadi underdog di turnamen ini. Kami akan menggunakan pemain muda di turnamen tersebut dan saya berharap mereka bisa mendapatkan pengalaman berharga," ujar Tan Cheng Hoe di Hotel Mulia, Senayan, setelah prosesi pengundian babak grup Piala AFF 2018, Rabu (2/5/2018) sore.

    "Tentu sebagai pelatih baru, saya akan membutuhkan waktu untuk mengembangkan tim ini. Saya masih berpikir di Grup A ada Vietnam yang memiliki catatan bagus beberapa tahun terakhir. Laga kontra mereka akan sulit, kami akan memainkan laga kandang dan juga tandang di Piala AFF, bukan turnamen yang mudah," lanjutnya.

     

    2 dari 2 halaman

    Keuntungan Format Baru

    Dengan sistem dua laga kandang dan dua laga tandang yang baru diterapkan di Piala AFF 2018, Tan Cheng Hoe melihat ada sisi positif yang bisa diambil.

    Hasil Drawing AFF Suzuki Cup 2018 di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (2/5/2018). Indonesia berada satu grup dengan Thailand. (Bola.com/Nick Hanoatubun)

    Menurutnya dengan memiliki dua laga kandang, suporter Harimau Malaya punya kesempatan untuk melihat secara langsung perjuangan tim yang mewakili mereka di kancah internasional.

    "Ada keuntungan dalam sistem ini, setidaknya penggemar mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan timnya bermain di kandang. Namun, di sisi lain tim saya harus melakukan lawatan ke negara lain dan kembali pulang. Kemungkinan lelah itu besar, tapi pemain harus siap secara fisik dan mental. Negara di Asia Tenggara akan menjadi gila saat menyambut turnamen ini," ujar pengganti Nelo Vingada itu.

    Malaysia akan mengawali Piala AFF 2018 dengan tampil di laga pembuka dengan menghadapi Kamboja pada 8 November 2018. Malaysia akan lebih dulu bertandang ke Kamboja sebelum menjamu Laos di laga kedua. Setelah itu, Malaysia akan menghadapi Vietnam di laga tandang dan pada laga terakhir menjamu Myanmar.

    Video Populer

    Foto Populer