Timnas Thailand Disarankan Tetap Mengirim Tim Utama ke Piala AFF 2018

Oleh Aning Jati pada 06 Mei 2018, 13:45 WIB
Diperbarui 06 Mei 2018, 13:45 WIB
Worawoot Srimakha
Pelatih Timnas Thailand U-22, Worrawoot Srimakha. (Bola.com/Dok. FA Thailand)

Bola.com, Bangkok - Pelatih Timnas Thailand U-22, Worrawoot Srimaka, ikut berkomentar terkait hasil pengundian fase penyisihan grup Piala AFF 2018 yang telah digelar di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Berbeda dengan pelatih Timnas Thailand senior, Milovan Rajevac, yang terkesan tak mengkhawatirkan keberadaan tim asuhannya di Grup B yang dianggap grup maut, Worrawoot Srimaka menilai Thailand berada di grup berat.

"Hasil pengundian terbilang berat untuk Timnas Thailand. Hal itu karena semua lawan punya motivasi tinggi setiap bertemu Thailand, untuk mengalahkan kami. Apalagi kami juara bertahan dalam dua edisi terakhir Piala AFF," ujar mantan striker Timnas Thailand itu.

"Dengan kualitas Liga Thailand saat ini, saya percaya kami masih jadi tim terkuat di turnamen ini," lanjutnya seperti dikutip dari situs resmi Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT).

Pencetak gol terbanyak kedua sepanjang masa Piala AFF dengan koleksi 15 gol ini menambahkan FAT sebaiknya tetap mengirim tim utama ke Piala AFF 2018. 

Hal itu berkaitan dengan wacana kemungkinan Thailand akan menurunkan timnas yang didominasi pemain muda atau bahkan timnas kelompok usia U-23 dalam turnamen sepak bola paling elit di kawasan Asia Tenggara ini.

"Saya pikir kami harus tetap mengirim tim terbaik. Kami tak boleh meremehkan tim lain lain karena mereka juga pernah mengalahkan kami di masa lalu. Sekarang ini, perbedaan kualitas antartim tak beda jauh, juga penting halnya mempertahankan dominasi kami di antara tim-tim di kawasan ASEAN," tutur pelatih yang mempersembahkan medali emas SEA Games 2017 bersama Timnas Thailand U-22 itu.

Worrawoot Srimaka mengingatkan The War Elephants untuk tetap mewaspadai seluruh lawan. "Semua harus dipandang sama, kami harus selalu siap dan memenangi setiap pertandingan. Kami harus bisa mengatasi tantangan ini, karena jika tidak bersiap dengan baik, bakal menyulitkan kami," kata pelatih 46 tahun itu.

Sesuai hasil drawing, Timnas Thailand tergabung di Grup B Piala AFF 2018 bersama Indonesia, Filipina, Singapura, dan pemenang duel Timor Leste vs Brunei Darussalam. Piala AFF 2018 digelar pada 8 November-15 Desember 2018.