Sukses


    Mantan Pelatih Mitra Kukar Membesut Timnas Filipina di Piala AFF 2018

    Bola.com, Jakarta - Tak mengirim tim ke Asian Games 2018 membuat Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) leluasa menyusun program persiapan tim menuju Piala AFF 2018 dan Piala Asia 2019. Satu di antaranya, menunjuk Scott Cooper sebagai pelatih sementara Timnas Filipina.

    Pencinta sepak bola Indonesia sudah tak asing lagi dengan sosok Scott Cooper. Pelatih asal Inggris ini pernah melatih Mitra Kukar pada ISL 2015. Pada akhir 2014, ia dikontrak berdurasi dua musim di tim Naga Mekes.

    Namun, kariernya bersama Mitra Kukar tak bertahan lama menyusul sepak bola Indonesia terkena sanksi FIFA yang membuat kompetisi tak bergulir. 

    Scott Cooper lantas kembali ke sepak bola Thailand, yang membesarkan namanya di dunia kepelatihan, hingga ia dipanggil PFF untuk membantu Terry Butcher di staf kepelatihan Timnas Filipina pada medio Juni 2018, sebagai penasihat timnas.

    Namun, pelatih 48 tahun itu naik jabatan, menggantikan Terry Butcher yang memutuskan mundur dari kursi pelatih kepala Timnas Filipina pada awal bulan ini.

    Scott Cooper sudah dihadapkan pada rentetan tugas sebagai pelatih sementara Timnas Filipina. Ia harus menyiapkan tim yang akan diboyong menjalani pemusatan latihan serta uji coba, September mendatang, di Bahrain.

    Dengan beberapa pemain langganan timnas yang mengalami cedera serta adanya pemain muka baru, Scott Cooper akan menampilkan Timnas Filipina dengan wajah baru sepeninggal era pelatih Thomas Dooley untuk Piala AFF 2018 maupun Piala Asia 2019.

    Satu muka baru itu, seperti disampaikan manajer Timnas Filipina, Dan Palami, semisal Amin Nazari, pemain Iran keturunan Filipina. 

    Amin Nazari, pemain Iran keturunan Filipina. Nazari tercatat pernah memperkuat Timnas Swedia U-17, U-19, dan U-21. Ia merupakan adik gelandang Timnas Iran, Omid Nazari.

    Timnas Filipina dijadwalkan bertolak menuju Bahrain pada 3 September 2018. Tiga hari kemudian mereka diagendakan beruji coba melawan Timnas Bahrain di Manama. Di sana, The Azkals juga akan beruji coba melawan klub-klub lokal.

    Sumber: Inquirer

    Video Populer

    Foto Populer