Dihuni Pemain Muda, Subangkit Yakin Timnas Indonesia Punya Kans Juarai Piala AFF 2018

Oleh Zaidan Nazarul pada 14 Sep 2018, 11:15 WIB
Indonesia Vs Mauritius

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia proyeksi Piala AFF 2018 bisa dipastikan dihuni banyak pemain muda. Gambaran itu tampak jelas dari 20 pemain yang dipanggil saat melawan Mauritius dalam laga persahabatan internasional (11/9/2018) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Dari daftar tersebut, hanya enam pemain senior yang masuk, selebihnya pemain muda usia. Keenam pemain senior itu adalah Bayu Pradana, Rico Simanjuntak, Stefani Lilipaly, Boaz Solossa, Fachrudin Aryanto, dan Rizky Rizaldi Pora.

Di mata pelatih Sriwijaya FC, Subangkit, meski dihuni mayoritas pemain muda, Timnas Indonesi memiliki prospek bagus. Soal kans Indonesia meraih juara di Piala AFF 2018, menurut dia cukup terbuka.

"Saat ini banyak tim-tim yang memilih pemain muda menghuni skuatnya. Pada Piala Dunia 2018 Rusia lalu, komposisi pemain di setiap tim raksasa didominasi pemain muda. Tapi tetap, harus dikolaborasi dengan pemain senior sebagai penyeimbang," terangnya.

Menurut Subangkit, tim-tim yang dihuni banyak pemain muda memiliki semangat besar. Ditunjang jam terbang dan kualitas di Liga maupun ajang lain seperti SEA Games dan Asian Games, Subangkit yakin mereka mumpuni untuk tampil di Piala AFF.

"Meski usianya masih muda, mereka pemain inti di klubnya masing-masing. Itu menunjukkan bahwa mereka siap bermain di level tertinggi. Bukan itu saja, jam terbang dan kualitas mereka memang cukup bagus," katanya.

Subangkit mengatakan, dengan sederet faktor yang ia sebutkan itu, tidak ada alasan untuk meragukan kans mereka menjuarai Piala AFF. Karena secara mental maupun kemampuan teknik, mereka memang sudah layak untuk tampil di Piala AFF 2018.

Namun, ia tetap mengingatkan agar para pemain muda di Timnas Indonesia bisa mengatur tempo permainan. Supaya mereka bisa tampil stabil sepanjang laga.

"Masalahnya, terkadang pemain muda itu ingin main cepat terus. Akibatnya, fisik mereka kedodoran ketika melewati menit ke-70. Tapi kalau melihat penampilan mereka melawan Mauritius, fisik cukup bagus," terangnya.