Penyerang Sayap Timnas Indonesia Unjuk Kebolehan Jadi Fotografer

Oleh Aditya Wany pada 03 Okt 2018, 19:15 WIB
Irfan Jaya

Bola.com, Surabaya - Irfan Jaya selama ini dikenal sebagai salah satu pemain yang memiliki kecepatan tinggi. Dia kerap memberikan kontribusi gol lewat aksi penetrasinya untuk klub Persebaya Surabaya atau Timnas Indonesia

Di luar profesinya sebagai pemain sepak bola profesional, Irfan rupanya juga memiliki hobi fotografi. Beberapa kali dia meminjam kamera milik awak Bola.com dalam latihan Persebaya untuk memotret aksi para pemainnya. 

Semua itu berawal saat Irfan bertanya kepada Bola.com beberapa teknik fotografi. Sampai berikutnya dia juga menanyakan beberapa kamera atau lensa rekomendasi untuk mempelajari lebih jauh seni membidik gambar. 

“Saya punya kamera Sony A6000 sebenarnya, inginnya beli lensa yang panjang (lensa tele). Masih tanya-tanya dulu harganya berapa, juga belajar memotret itu yang bagus seperti apa,” ucap pemain berusia 22 tahun itu kepada Bola.com. 

Pemain yang tampil membela Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018 ini mengaku belum lama mulai tertarik untuk mempelajari fotografi.

Semua itu bermula saat dia bergabung dengan Persebaya musim lalu dan melihat beberapa jurnalis foto yang rutin datang meliput latihan atau pertandingan. 

 

2 of 2

Ingin Membuat Foto Keren

Irfan Jaya dan Muhammad Hidayat
Irfan Jaya dan Muhammad Hidayat, dua sahabat yang bahu membahu di Persebaya. (Bola.com/Aditya Wany)

Dia kemudian mengamati hasil foto dari beberapa awak media yang membuatnya cukup terkesan. Dari situlah dia berinisiatif membeli kamera dan mulai membidik momen bersama orang-orang terdekat. 

“Saya lihat di Instagram ada banyak foto keren pemain sepak bola. Kalau dipikir-pikir, mungkin saya bisa juga ya menjadi fotografer di Persebaya,” ujar Irfan sambil bercanda.

“Saya selama ini foto-foto mungkin di kamar dengan keluarga. Itu kamera di lemari saja terus. Selama ini masih sebatas itu saja. Makanya ingin belajar juga fotografi sepak bola seperti apa,” imbuhnya. 

Saat bergabung dengan Timnas Indonesia, mantan pemain PSM Makassar U-21 itu juga kerap bertanya-tanya atau mengobrol dengan beberapa fotografer. Tak jaran, dia juga memesan foto untuk diunggah di akun instagramnya. 

Selama mencoba motret latihan Persebaya, dia kerap menjadikan David da Silva, top scorer sementara Liga 1, sebagai sasaran bidikannya. Nah, apakah Irfan serius untuk menggeluti fotografi secara profesional? 

“Bisa saja. Mungkin kalau nanti sudah pensiun (dari pemain sepak bola) saya mau jadi fotografer sepak bola saja. Minimal saya bisa tetap kenal pemain sepak bola dan datang ke lapangan,” tandas Irfan sambil tertawa.   

Lanjutkan Membaca ↓