Sukses


    3 Pelatih Lokal yang Akan Beradu Strategi di Piala AFF 2018

    Bola.com, Jakarta - Piala AFF 2018 akan diramaikan pelatih lokal yang untuk kali pertama bertugas mengarsiteki timnas negaranya. Tiga pelatih lokal akan beradu strategi di antara kepungan timnas yang diasuh pelatih asing.

    Kiprah pelatih lokal itu tentu saja menarik untuk disaksikan. Apalagi pelatih lokal ini merupakan sosok yang akan menjalani debut di turnamen resmi bersama timnas negaranya.

    Kinerja pelatih lokal di Piala AFF juga tak boleh dipandang sebelah mata. Thailand menjadi tim yang terbanyak meraih kesuksesan di Piala AFF bersama pelatih lokal.

    Pada edisi perdana 1996 ketika masih bernama Piala Tiger, Thailand berhasil menjadi juara bersama pelatih Wanasthana Sajakul. Kemudian Thailand kembali menjadi juara bersama pelatih lokal pada 2014 dan 2016, yakni Kiatisuk Senamuang.

    Tak hanya Thailand, Malaysia juga pernah berjaya di bawah asuhan pelatih lokal di Piala AFF. Pada 2010, pelatih K. Rajagopal berhasil mencetak sejarah dengan mempersembahkan gelar perdana untuk Harimau Malaya.

    Jadi, siapa saja pelatih-pelatih lokal yang dipercaya memberikan kesuksesan untuk negaranya di Piala AFF 2018? Berikut ini deretan pelatih lokal yang akan bersaing Piala AFF 2018.

    2 dari 4 halaman

    Bima Sakti

    Pelatih Timnas Indonesia U-19, Bima Sakti saat melawan Jepang U-19 pada laga uji coba di Stadion Utama GBK, (24/3/2018). Indonesia U-19 Kalah 1-4. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

    Timnas Indonesia jadi satu di antara tiga timnas yang akan diasuh pelatih lokal bernama Bima Sakti. Pria yang sebelumnya menjabat sebagai asisten pelatih itu naik pangkat pada Minggu (21/10/2018).

    PSSI mengonfirmasi, Bima Sakti mendapatkan tugas untuk membantu Timnas Indonesia meraih gelar juara Piala AFF seperti yang ditargetkan. Mengandalkan skuat warisan Luis Milla, pelatih Timnas Indonesia di Asian Games 2018, Bima Sakti diharapkan mamp memberikan penampilan terbaik.

    Sejauh ini, di bawah asuhannya, Timnas Indonesia belum terkalahkan dalam tiga laga terakhir, meski pertandingan itu berstatus uji coba. Timnas Garuda meraih dua kemenangan dan sekali imbang.

    Pada Piala AFF 2018, Timnas Indonesia akan tergabung di Grup B bersama Singapura, Timor Leste, Thailand, dan Filipina. Ujian perdana Bima Sakti bersama Timnas Indonesia terjadi ketika bertandang ke Stadion Nasional, untuk menghadapi tuan rumah Singapura pada 9 November 2018.

    3 dari 4 halaman

    Fandi Ahmad

    Pelatih interm Timnas Singapura, Fandi Ahmad, dan kapten tim Sharil Ishak. (Bola.com/Dok. FAS)

    Sama seperti Bima Sakti, Piala AFF 2018 menjadi debut Fandi Ahmad sebagai pelatih Timnas Singapura di turnamen internasional resmi. Di bawah asuhan Fandi Ahmad, Timnas Singapura belum terkalahkan dalam lima laga uji coba terakhir.

    Tim berjulukan The Lions itu meraih empat kemenangan dan sekali imbang. Catatan apik itu menjadi modal berharga buat Singapura yang membidik gelar kelima di Piala AFF.

    Timnas Singapura saat ini menjalani pemusatan latihan di Osaka, Jepang, sampai 2 November mendatang. Hal ini dilakukan untuk mematangkan persiapan menuju Piala AFF 2018.

    Timnas Singapura berada di Grup B bersama Timnas Indonesia, Filipina, Timor Leste, dan Thailand. Singapura akan menjamu Timnas Indonesia di Stadion Nasional pada 9 November mendatang.

    4 dari 4 halaman

    Tan Cheng Hoe

    Pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe memberikan keterangan kepada media usai drawing Piala AFF Suzuki Cup 2018 di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (2/5/2018). Malaysia berada satu grup dengan Vietnam. (Bola.com/Nick Hanoatubun)

    Tan Cheng Hoe akan memimpin Timnas Malaysia di Piala AFF 2018. Sejak ditunjuk menjadi pelatih pada 7 Desember 2017, Harimau Malaya di bawah asuhan Tan Cheng Hoe belum konsisten.

    Timnas Malaysia meraih empat kemenangan, sekali imbang, dan tiga kali kalah. Tentu saja catatan ini cukup mengkhawatirkan buat Malaysia.

    Untuk itu, Malaysia melakukan satu persiapan terakhir dengan menghadapi Maldives pada 3 November mendatang. Hal ini dilakukan untuk mematangkan persiapan.

    Timnas Malaysia berada di Grup A Piala AFF 2018 bersama Kamboja, Myanmar, Vietnam, dan Laos. Pada laga pembuka, mereka akan bertandang ke Phnom Penh Olympic Stadium untuk menghadapi Kamboja pada 8 November 2018.

    Sama seperti Bima Sakti dan Fandi Ahmad, Tan Cheng Hoe punya latar belakang sebagai pemain timnas. Ia juga pernah membesut klub, seperti halnya Fandi Ahmad. Hal berbeda terjadi pada Bima Sakti. Hingga ditunjuk jadi pelatih kepala Timnas Indonesia, Bima Sakti hanya pernah jadi asisten pelatih di level klub.

    Video Populer

    Foto Populer