Djanur Menilai Osvaldo Haay Layak Masuk Timnas Indonesia Lagi

Oleh Aditya Wany pada 26 Okt 2018, 17:30 WIB
Osvaldo Haay

Bola.com, Surabaya - Osvaldo Haay tampil impresif bersama Persebaya Surabaya dalam dua laga terakhir. Dia mencetak empat gol dalam dua laga tersebut, meski bermain sebagai striker, bukan pemain sayap seperti posisi aslinya.

Terbaru, pemain berusia 20 tahun itu mencetak hattrick pertama dalam kariernya ke gawang Madura United di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis malam (25/10/2018). Penampilannya ini seolah ingin menunjukkan dia pantas kembali masuk Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2018.

Osvaldo merupakan pemain andalan Timnas Indonesia U-22 dan Timnas Indonesia. Namun, dia tidak lagi dipanggil sejak dicoret dari skuat untuk Asian Games 2018.

Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, menilai pemain andalannya itu sangat layak masuk Timnas Indonesia. Apalagi, Osvaldo kini bisa memiliki opsi untuk bermain di dua posisi, striker atau sayap.

"Osvaldo sangat mungkin masuk Timnas Indonesia lagi. Sebenarnya dia dipanggil dalam persiapan Asian Games 2018, tapi tidak masuk skuat akhir. Memang saat itu persaingan di sektor sayap cukup seru," katanya.

"Sekarang dia bisa dipanggil dengan opsi lain sebagai striker. Saya beranggapan dia sangat layak dipanggil lagi masuk ke timnas," imbuh pelatih yang akrab disapa Djanur itu.

Osvaldo bisa dibilang merupakan keberhasilan eksperimen cerdik dari Djanur. Ide memainkan Osvaldo sebagai striker muncul saat striker "asli", David da Silva, mengalami cedera sementara striker lokal juga kurang tajam.

Di sisi lain, Osvaldo enggan berandai-andai soal kemungkinan dirinya dipanggil ke Timnas Indonesia. Dia ingin fokus untuk membantu Persebaya yang sudah jelas membutuhkan tenaganya.

"Saya sebenarnya tidak mau berpikir untuk timnas karena sudah dicoret. Kalau memang dipanggil, saya selalu siap karena ini urusan negara. Tapi, saya pikirkan untuk tim ini, Persebaya, untuk memberikan penampilan terbaik," ungkap mantan pemain Persipura Jayapura itu.