Sukses


    Thailand Mengakui dalam Tekanan untuk Mempertahankan Gelar Piala AFF

    Bola.com, Bangkok - Pelatih Timnas Thailand, Milovan Rajevac, mengakui tim asuhannya dalam tekanan untuk mempertahankan gelar juara Piala AFF. Hal itu menyusul absennya empat pemain bintang, yang selama ini jadi motor the War Elephants.

    Empat pemain kunci itu adalah Chanathip Songkrasin (playmaker), Teerasil Dangda (striker), Theerathon Bunmathan (bek sayap kanan), dan kiper Kawin Thamsatchanan.

    Keempatnya dipastikan absen karena tak dilepas klub masing-masing mengingat Piala AFF bukan turnamen yang masuk kalender FIFA. Selain Kawin yang berkiprah di Liga Belgia, tiga pemain lain tampil bersama klub Jepang.

    "Kami dalam tekanan (mempertahankan gelar juara), tapi saya akan mencoba membuat tekanan itu jadi motivasi buat pemain saya," kata Milovan.

    Pelatih asal Serbia itu menegaskan satu di antara misinya adalah membantu Thailand mempertahankan titel juara Piala AFF.

    Untuk mewujudkan target itu, ia sudah memanggil 27 pemain dalam pemusatan latihan sejak Selasa (23/10/2018). 27 pemain itu, tentu tanpa empat pemain bintang di atas. Nantinya, Milovan akan menciutkan skuat jadi 23 pemain.

    "Kami akan bermain di Piala AFF tanpa empat pemain itu. Namun, saya punya keyakinan pada pemain lain di tim dan semuanya sama pentingnya," lanjut mantan pelatih Timnas Ghana dan Aljazair itu.

    Namun, pelatih berusia 64 tahun itu bisa jadi sedikit lebih tenang karena Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) memastikan pencapaian di Piala AFF 2018 tak lebih penting dari prestasi yang akan dicatatkan Timnas Thailand di Piala Asia 2019.

    Presiden FAT, Somyot Poompunmuang, menjelaskan ia memang menginginkan Timnas Thailand mempertahankan gelar juara Piala AFF, namun pencapaian di Piala Asia 2019 dinilai lebih penting.

    Somyot menegaskan ia baru akan menggelar evaluasi terkait kinerja Milovan Rajevac seusai Piala Asia 2019."Kami punya kesepakatan dengan pelatih, Thailand harus lebih baik dari penampilan di Piala Asia sebelumnya. Kami tak pernah mencapai babak 16 besar di Piala Asia. Jadi, melaju ke babak itu jadi target kami," ucap Somyot.

    Sekadar pengingat, di Piala AFF 2018, Timnas Thailand berada di Grup B bersama Indonesia, Filipina, Timor Leste, dan Singapura. The War Elephants mengawali kampanye mempertahankan gelar juara dengan melawan Timor Leste pada 9 November 2018.

    Sumber: Bangkok Post

    Video Populer

    Foto Populer