Irfan Jaya, Asa Bersama Timnas Indonesia, dan Kenangan Nobar Piala AFF 2016

Oleh Aditya Wany pada 01 Nov 2018, 14:05 WIB
Timnas Indonesia Vs Hongkong

Bola.com, Jakarta Winger Persebaya Surabaya, Irfan Jaya, masih tak percaya namanya masuk Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2018. Bahkan, dia merasa seluruh pencapaiannya musim ini masih sulit dipercaya.

Irfan sudah jadi langganan Timnas Indonesia selama musim ini. Dia tidak pernah absen dalam pemanggilan sejak pertama kali masuk pada Januari 2018.

Pemain asal Bantaeng, Sulawesi Selatan, itu juga masuk Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018. Dia bahkan menyumbang dua gol dalam pesta olahraga terbesar di Asia itu.

“Saya awalnya menyangka mungkin pelatih timnas mau coba dan lihat saya dulu. Waktu ikut Asian Games, saya juga tidak target muluk-muluk. Pokoknya membela negara dan memberikan yang terbaik saja,” kata Irfan kepada Bola.com, Kamis (1/11/2018). 

Piala AFF 2018 menjadi turnamen debutnya bersama Timnas Indonesia senior. Jika memutar waktu dua tahun silam, di Piala AFF 2016, Irfan belum dikenal seperti sekarang.

Saat itu di masih membela klub di level junior bersama PSM Makassar U-21 yang turun di ISC U-21 2016. Namanya kemudian mulai dikenal di tingkat nasional setelah menjadi top scorer dengan torehan 14 gol di ajang tersebut.

“Saat itu saya masih terpesona melihat pemain senior di Timnas Indonesia yang bermain sangat baik. Tidak ada bayangan dua tahun ke depan dari momen itu saya akan tampil membela timnas,” imbuh pemain berusia 22 tahun itu.

   

2 of 2

Nobar Piala AFF

Irfan mengatakan pada perhelatan Piala AFF 2016 dirinya sudah tidak tampil di ISC U-21 2016 karena ajang tersebut sudah selesai. Selepas membela PSM Makassar U-21, dia pulang ke Sinoa, Bantaeng.

Pada edisi itu, Timnas Indonesia mampu menembus babak final melawan Thailand. Di saat yang sama, Irfan tengah gamang memikirkan masa depan kariernya di sepak bola.

“Saya jalan kaki di desa sambil memikirkan apa yang harus saya lakukan setelah ISC U-21. Di tengah perjalanan itu, ternyata ada nobar (nonton bareng) Piala AFF. Layarnya besar sekali, dan saya ikut nonton saja melihat timnas main,” ucap Irfan.

“Saya melihat dulu ada Kakak Boaz (Solossa), Andik Vermansah, ada Lilipaly juga membuat saya terpesona. Sempat dalam hati berpikir, kapan saya bisa seperti mereka, pakai jersey timnas dan lambang garuda di dada,” ujar pemain milik Persebaya itu.

“Saya berpikir mungkin suatu saat nanti beberap tahun ke depan. Tidak dalam waktu secepat ini, hanya dua tahun dari saat itu sudah akan membela timnas. Makanya, saat barusan dapat panggilan, saya berpikir, dulu saya menonton Piala AFF, tahun ini waktunya saya ditonton,” tandasnya.

Irfan diprediksi bisa menjadi bintang baru bersama skuat Garuda . Selain sudah menjadi andalan mengisi pos penyerang sayap, dia juga mampu berkontribusi dengan sudah mencetak dua gol untuk Timnas Indonesia di ajang uji coba.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓