Parade Top Scorer Piala AFF: Indonesia Membuntuti Thailand

Oleh Aning Jati pada 03 Nov 2018, 10:15 WIB
Top Scorer Piala AFF

Bola.com, Jakarta - Dalam sebuah turnamen bergengsi seperti Piala AFF, perburuan gelar top scorer tak kalah menarik. Di samping bertekad membawa tim masing-masing jadi juara, dalam diri setiap pemain khususnya pemain di lini depan terselip keinginan untuk mencetak gol sebanyak mungkin.

Mencetak lebih banyak gol diyakini membuat peluang memenangi pertandingan makin terbuka. Sang pencetak gol pun bisa masuk kandidat pencetak gol terbanyak.

Di kancah Piala AFF, sejak kali pertama turnamen di level ASEAN ini digulirkan pada 1996 dengan nama Piala Tiger, sudah ada 14 pemain yang mendapat gelar top scorer, kendati sejauh itu baru 11 edisi Piala AFF berjalan.

Hal itu karena tak setiap edisi pemegang gelar top scorer diduduki hanya satu pemain saja. Pada Piala AFF 2000, ada dua pemain yang berstatus top scorer turnamen dengan torehan masing-masing lima gol, yakni Gendut Doni (Indonesia) serta Worrawoot Srimaka (Thailand).

Pada Piala AFF 2008 bahkan ada tiga pemain sekaligus yang mengemas gol sama, yakni empat gol, dan berhak jadi top scorer bersama. Tiga pemain itu adalah Budi Sudarsono (Indonesia), Agu Casmir (Singapura), Teerasil Dangda (Thailand).

Sedangkan dari segi negara, gelar top scorer Piala AFF hanya pernah diraih lima negara dengan Thailand sebagai pengoleksi terbanyak (lima titel), disusul Indonesia empat gelar, Malaysia dan Singapura masing-masing dua gelar, serta Myanmar satu gelar. 

Penyerang Timnas Singapura, Noh Alam Sah hingga saat ini masih tercatat sebagai top scorer paling garang dalam satu edisi Piala AFF. Torehan 11 golnya di Piala 2007 masih belum bisa dipecahkan hingga saat ini.

Meski begitu, penguasa gelar top scorer jadi milik Teerasil Dangda. Ia mencatatkan namanya hingga tiga kali. Striker Timnas Thailand yang kini bermain di klub J1-League, Sanfrecce Hiroshima, itu merupakan satu-satunya pemain yang mampu meraih prestasi itu, yakni pada edisi 2008, 2012 dan 2016.

Namun, dipastikan akan muncul top scorer baru di Piala AFF 2018. Hal itu lantaran Teerasil tak akan tampil di Piala AFF 2018 mengingat turnamen satu ini tak masuk kalender FIFA dan striker berusia 30 tahun itu tak dilepas klubnya.

Peluang buat pemain Timnas Indonesia meraih titel pencetak gol terbanyak pun terbuka. Dua striker yang disiapkan bermain di Piala AFF 2018, Alberto Goncalves dan Dedik Setiawan, bisa mewujudkan ambisi mereka jadi yang tertajam di turnamen ini.

Namun, tentu saja, hanya sekadar mendapatkan gelar top scorer akan terasa hambar jika tanpa mengantar tim jadi juara. Dan itulah yang coba dilakukan Beto, Dedik maupun pemain di posisi lain; mencetak gol sebanyak mungkin demi membawa Timnas Indonesia memenangi pertandingan demi pertandingan yang berujung gelar juara Piala AFF 2018.

2 of 2

Data dan Fakta

Daftar Pencetak Gol Terbanyak Piala AFF

1996 - Netipong Srithong-in (7 gol)

1998 - Myo Hlaing Win (4)

2000 - Gendut Doni Christiawan, Worrawoot Srimaka (5)

2002 - Bambang Pamungkas (8)

2004 - Ilham Jaya Kesuma (7)

2007 - Noh Alam Shah (11)

2008 - Budi Sudarsono, Agu Casmir, Teerasil Dangda (4)

2010 - Safee Sali (5)

2012 - Teerasil Dangda (5)

2014 - Mohd Safiq Rahim (6)

2016 - Teerasil Dangda (6)

 

Negara pengoleksi gelar top scorer

Thailand (5 gelar), Indonesia (4), Singapura dan Malaysia (2), Myanmar (1)

Lanjutkan Membaca ↓