Kurnia Sandy Sebut Masalah Utama 3 Kiper Timnas Indonesia

Oleh Muhammad Ivan Rida pada 03 Nov 2018, 17:55 WIB
Diperbarui 03 Nov 2018, 17:55 WIB
Piala AFF 2018 : Latihan Timnas Indonesia
Pelatih Kiper Indonesia, Kurnia Sandi, memberi arahan kepada anak asuhnya saat latihan di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Jumat (02/11/2018). Latihan tersebut dalam rangka persiapan jelang laga Piala AFF 2018. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Cikarang - Pelatih kiper Timnas Indonesia, Kurnia Sandy, menganggap masalah utama Andritany Ardhiyasa, Awan Setho Raharjo, dan Muhammad Ridho adalah mentalitas dan motivasi bermain. Kurnia ingin membenahi persoalan tersebut agar kans Skuat Garuda meraih hasil positif di Piala AFF 2018 semakin besar.

Andritany merupakan andalan utama Persija Jakarta. Begitu pula halnya dengan Awan bersama Bhayangkara FC, dan Ridho di Borneo FC. Atas dasar itulah, Kurnia tidak meragukan kualitas yang dimiliki ketiga kiper tersebut.

"Perlu ditekankan, hal yang masih perlu dibenahi untuk penjaga gawang adalah mental dan motivasi. Kalau teknik, tidak ada masalah. Kami juga harus memberikan mereka motivasi. Pembenahan secara psikologis tentu saja kami tekankan," kata Kurnia ketika ditemui Bola.com setelah sesi latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (3/11/2018).

Kurnia tidak ragu bertindak tegas kepada Andritany, Awan, dan Ridho ketika menjalani sesi latihan. Langkah itu harus diterapkan agar mereka memiliki tekad baja supaya tidak mudah menyerah.

"Kami ingin melatih mental mereka untuk bisa menghadapi masalah dalam pertandingan. Jadi, kalau mereka tidak bisa menyelesaikan tantangan yang diberikan, mereka harus mengulanginya sampai bisa," tutur Kurnia.

"Situasi itu akan membuat mereka belajar bagaimana cara memberikan performa terbaik untuk Timnas Indonesia. Saya juga ingin mereka berpikir untuk menghadapi situasi-situasi sulit dalam pertandingan," ujar Kurnia.