Media Asing Sebut Stefano Lilipaly Pemain Kunci Timnas Indonesia di Piala AFF

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 07 Nov 2018, 23:45 WIB
Piala AFF 2018 : Latihan Timnas Indonesia

Jakarta - Seperti Alberto Goncalves, Stefano Lilipaly juga jadi pemain senior yang terus mendapat kepercayaan untuk memperkuat Timnas Indonesia. Ia pun jadi pemain yang akan diandalkan tim Merah Putih di Piala AFF 2018.

Sebelumnya, Stefano Lilipaly sempat hilang dari peredaran Timnas Indonesia di era Luis Milla. Tapi, kepercayaan kembali didapat pemain Bali United itu setelah dipanggil untuk laga uji coba melawan Thailand.

Pada akhirnya, Milla pun memasukkan namanya untuk mengisi salah satu dari tiga slot pemain senior di Timnas Indonesia U-23 untuk Asian Games 2018. Ia pun tak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk menunjukkan kebolehannya.

Total ia menyumbang tiga gol dan empat assist. Di level klub, gelandang berusia 28 tahun itu juga sudah membukukan 11 gol sepanjang ajang Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak. Karena jejak rekamnya yang memukau, ESPN, media yang berbasis Amerika Serikat, pun menyebut Lilipaly sebagai pemain kunci.

Hal itu terlihat dalam preview jelang bergulirnya Grup B Piala AFF 2018 yang dirilis ESPN pada Senin (5/11/2018). Saat mengulas soal kekuatan Indonesia, mereka pun menuliskan,

"Stefano Lilipaly adalah sosok yang mengesankan di Piala AFF 2016 dan gelandang kelahiran Belanda itu sulit ditangani lawan dengan kecepatannya masuk ke dalam area."

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

2 of 2

Prediksi Kiprah Timnas Indonesia

Latihan Timnas Indonesia
Pemain Timnas Indonesia, Hansamu Yama, membawa koper saat berada di Hotel Grand Zuri, Jawa Barat, Selasa (6/11). Timnas Indonesia akan berangkat ke Singapura untuk berlaga pada Piala AFF 2018. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Tak hanya membahas soal Lilipaly, mereka juga memberikan sedikit prediksi soal kiprah anak asuh Bima Sakti di Piala AFF 2018.

"Anda tak pernah tahu apa yang bisa Anda dapatkan dengan Indonesia. Dengan Thailand yang tak sekuat sebelumnya, Merah Putih pasti akan berjuang untuk lolos ke semifinal. Tapi, pengalaman relatif tim dan pelatih bisa saja jadi penghalang."

Di sisi lain, motivasi Lilipaly untuk membawa Indonesia juara tentu begitu besar. Pasalnya, ia termasuk dalam skuat Timnas Indonesia yang harus menelan kekalahan dari Thailand pada final Piala AFF 2016.

Di Piala AFF 2016, Lilipaly juga tampil sangat baik. Ia jadi pahlawan kemenangan 2-1 Indonesia atas Singapura pada laga pamungkas Grup A, momen yang membawa Indonesia lolos dari fase grup. Lalu, ia juga menyumbang satu gol pada leg kedua semifinal melawan Vietnam.

 

Lanjutkan Membaca ↓