Andritany Berjuang Melawan Rasa Gugup saat Timnas Indonesia Bersua Singapura

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 08 Nov 2018, 04:00 WIB
Latihan Timnas Indonesia

Jakarta - Skuat Timnas Indonesia telah tiba di Singapura sejak Selasa (6/11/2018). Skuat Garuda akan menghadapi Singapura di National Stadium, Kallang, Jumat(9/11/2018) pada laga pertama Piala AFF 2018.

Dalam delapan pertemuan terakhir, Singapura selalu merepotkan Timnas Indonesia. Singapura mencatatkan tiga kemenangan, sedangkan Skuat Garuda baru meraih dua kemenangan. Sisanya, tiga pertandingan berakhir imbang.

Jelang pertandingan ini, kiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa ingin anak asuh Bima Sakti menjaga stabilitas kondisi mental. Tentunya, pertandingan bakal memberatkan Tim Merah-Putih karena Singapura mendapat dukungan penuh dari suporter mereka.

"Soal strategi mungkin pelatih (Bima Sakti) yang lebih mengerti. Tapi sebagai pemain, kami semua fokus menata mental. Yang terpenting bagaimana menjaga mental dan motivasi sehingga saat bertanding nanti bisa memberikan yang terbaik," kata Andritany.

Bakal bertanding di Piala AFF 2018, kiper Persija Jakarta ini merasa gugup, mesti sudah pernah tampil di musim sebelumnya. Namun dia ingin mengubah rasa gugupnya menjadi sebuah semangat untuk Timnas Indonesia.

"Sebagai pemain profesional, saya pasti ada rasa gugup, itu manusiawi. Tapi bagaimana saya bisa meredam dan mengubahnya menjadi motivasi positif ke depannya. Di menit awal biasanya gugup, tapi selanjutnya (tidak)," ujar kiper Timnas Indonesia berusia 26 tahun tersebut.

Andritany Ardhiyasa punya ambisi besar bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Dia ingin mempersembahkan gelar juara.

"Tekad pasti ada, ini kesempatan kita. Terlalu sering kita jadi runner-up, semoga tahun ini kita bisa membawa itu ke Indonesia," ucapnya.

Sejak tampil di ajang ini, 22 tahun lalu, Timnas Indonesia belum pernah menjadi juara. Prestasi terbaik skuat Garuda hanya menjadi runner up, hingga lima kali.

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini