Bima Sakti dan KBRI Imbau Suporter Timnas Indonesia Jaga Ketertiban di Singapura

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 09 Nov 2018, 12:30 WIB
Diperbarui 09 Nov 2018, 12:30 WIB
Suporter Sambut Kemenangan Timnas Indonesia U-19 Atas Chinese Taipei
Suporter membentangkan bendera Merah Putih jelang menyaksikan laga Timnas Indonesia U-19 melawan Chinnese Taipei pada penyisihan Grup A Piala AFC U-19 2018 di Stadion GBK, Jakarta, Kamis (18/10). Indonesia unggul 3-1. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Bola.com, Singapura - Pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti, menyambut antusias rencana kehadiran para suporter yang mengawal langsung timnya dalam laga pembuka Grup B Piala AFF 2018 melawan Singapura, Jumat (9/11/2018). Namun, Bima Sakti mengimbau para suporter tetap menjaga ketertiban. 

Timnas Indonesia dipastikan tak akan berjuang sendirian pada laga tandang melawan Singapura di Stadion Nasional, Singapura. Sebanyak delapan bus yang akan membawa komunitas Aliansi Suporter Timnas Indonesia di Singapura akan datang langsung untuk memberikan dukungan.

Masyarakat Indonesia juga akan berdatangan dari Tanah Air mengingat jarak antara Jakarta dan Singapura tidak terlalu jauh. Dukungan bakal hadir dari masyarakat Indonesia yang berada di Singapura.

"Saya akan bersyukur Alhamdulillah kalau mereka bisa hadir langsung di Singapura untuk memberikan dukungan langsung pada kami. Saya hanya berpesan, Indonesia bersaudara dengan Singapura. Jadi, selalu menjaga sportivitas," kata Bima Sakti dalam konferensi pers jelang laga.

"Hanya 90 menit kami sebagai lawan. Setelah itu kami adalah saudara. Tetap menjaga aturan-aturan yang berlaku. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan buat suporter," ujar mantan asisten Luis Milla itu.

Hal senada disampaikan Sekretaris kedua bidang Penerangan, Sosial, dan Budaya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura, Melati Sosrowidjojo. Dia berharap para suporter yang datang dari luar Singapura agar memberikan dukungan positif dan jangan melakukan aksi-aksi yang mencoreng citra bangsa.

“Meskipun permainan dilakukan di luar Indonesia, namun dukungan suporter Timnas Indonesia diharapkan dapat memberikan semangat juang yg tinggi dan dapat membawa Indonesia memperoleh kemenangan,” kata Melati Sosrowidjojo kepada Bola.com.

“Kemenangan memang tujuan utama, akan tetapi sportivitas dan semangat membangun persahabatan melalui sport juga sangat  penting. Garuda di dadaku doa dan dukungan kita semua menjadikan timnas kebanggaan kita bersama,” ujar Melati.

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini