Sukses


    Kiper Cardiff City Perkuat Filipina pada 2 Laga Piala AFF 2018, Absen Melawan Indonesia

    Bola.com, Manila - Keberadaan Neil Ethridge, kiper Cardiff City, di Piala AFF 2018 bersama Timnas Filipina jadi sorotan. Hal itu karena Piala AFF bukan turnamen resmi di bawah kalender FIFA, meski sejak 2016, seluruh pertandingan di Piala AFF sudah masuk kategori A sehingga memengaruhi poin untuk penghitungan ranking FIFA.

    Imbasnya, klub punya hak untuk tidak melepas pemain bersangkutan ke timnas. Namun, dalam kasus Neil Ethridge, kiper senior di Timnas Filipina itu menegaskan ia bisa bermain bersama the Azkals.

    Hanya, ia tak bisa tampil secara keseluruhan. Untuk awalnya, ia memastikan akan tampil dalam dua laga di penyisihan Grup B, yakni saat melawan Singapura dan Timor Leste.

    Kepada The Inquirer, kiper 28 tahun itu berujar akan tiba di Filipina dan gabung the Azkals pada Senin (12/11/2018) atau setelah pertandingan Cardiff City di Premier League kontra Brighton and Hove Albion, Sabtu (10/11/2018).

    Jika tak ada kendala, ia akan jadi kiper utama untuk menjaga gawang Timnas Filipina pada pertandingan pertama melawan Singapura di Stadion Panaad, Bacolod City, Selasa (13/11/2018).

    Mengingat jeda internasional FIFA berlangsung hingga 20 November, kiper yang punya 61 caps bersama Timnas Filipina sejak 2008 itu juga siap untuk pertandingan kedua, melawan Timor Leste.

    Etheridge akan tetap bersama tim, terbang ke Malaysia untuk menjalani laga tandang melawan Timor Leste di Stadion Kuala Lumpur, 17 November 2018.

    Namun, setelah itu, belum ada kepastian apakah ia bisa tampil pada dua laga tersisa Timnas Filipina di penyisihan Grup B, yakni saat menjamu Thailand (21/11/2018) dan melakoni partai tandang melawan Indonesia (25/11/2018).

    2 dari 2 halaman

    Pemain di Eropa

    Di sisi lain, foreign born players yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan, rata-rata mendapat izin dari klub asal untuk membela Timnas Filipina di Piala AFF 2018.

    Selain Etheridge, keputusan itu sebenarnya bukan kejutan karena selama ini pemain langganan timnas yang berkiprah di luar Filipina, semacam Daisuke Sato yang bermain di Rumania, tak mendapat kendala untuk gabung the Azkals di Piala AFF.

    Debutan di Piala AFF 2018, John-Patrick Strauss, yang berkiprah di kompetisi kasta kedua Bundesliga, juga dipastikan dilepas klub untuk durasi sepanjang turnamen.

    "Beberapa pemain yang berbasis di Eropa sudah dilepas oleh klub mereka dan kami sangat beruntung, misalnya, Strauss akan dilepas ke Filipina sepanjang turnamen, termasuk pula Sato," kata Dan Palami, manajer Timnas Filipina.

    "Sangat membantu ketika kami memiliki hubungan baik dengan klub. Dan dengan Eriksson memanggil mereka, meminta klub melepas pemain, saya pikir kami akan mendapat sedikit kesuksesan," imbuh Palami.

    Timnas Filipina sudah berada di Bacolod City sejak awak pekan ini untuk persiapan menjamu Singapura. Pelatih Sven-Goran Eriksson memanggil 29 pemain untuk menjalani pemusatan latihan sebelum menciutkan skuat jadi 23 pemain jelang melawan the Lions.

    Sumber: The Inquirer

    Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

    Video Populer

    Foto Populer