Sukses


    Rapor Thailand Kontra Timnas Indonesia: Superior di Fase Grup Sejak Piala AFF 2012

    Jakarta - Timnas Indonesia menjaga peluang untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2018. Itu berkat kemenangan 3-1 yang diukir Indonesia atas Timor Leste pada matchday kedua Grup B di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (13/11/2018).

    Untuk meraih tiga poin itu, Timnas Indonesia harus berjuang keras. Meski hanya melawan Timor Leste, tim yang baru terdaftar di FIFA sejak 2005, mereka sempat keteteran. Bahkan, tim Merah Putih sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Rufino Gama di menit ke-48.

    Untungnya, gol itu direspon Timnas Indonesia dengan positif. Tiga gol balasan dibukukan anak asuh Bima Sakti lewat Alfath Fathier di menit ke-60, Stefano Lilipaly penalti ke-69, dan Alberto Goncalves ke-82.

    Untuk mempertahankan peluang lolos ke semifinal, laga berat selanjutnya harus dilewati Timnas Indonesia. Beto dan kawan-kawan akan melakoni matchday ketiga Grup B dengan melawat ke markas Thailand di Rajamangala National Stadium, Sabtu (17/11/2018).

    Tentu saja, Thailand bukan lawan mudah dan setingkat seperti Singapura atau Timor Leste. Dalam beberapa edisi terakhir, mereka selalu jadi kandidat kuat juara Piala AFF. Kali ini pun seperti itu meski mereka tak diperkuat empat pemain bintangnya.

    Ya, pelatih Milovan Rajevac tak bisa menyertakan Chanatip Songkrasin, Teerasil Dangda, Theerathon Bunmathan, dan Kawin Thamsatchanan. Padahal, dalam beberapa tahun terakhir mereka telah menjadi inti dari permainan hebat Thailand.

    Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

    2 dari 3 halaman

    Catatan Hebat

    Alasan ketidakhadiran mereka adalah karena Piala AFF 2018 tidak masuk dalam kalender FIFA. Kebetulan, keempatnya bermain di klub Jepang dan Belgia yang tidak mau melepas pemainnya jika bukan untuk berlaga di pertandingan yang masuk kalender FIFA.

    Namun, tanpa mereka Thailand tetap tim yang wajib disegani. Kemenangan 7-0 atas Timor Leste pada matchday pertama Grup B Piala AFF 2018 menjadi bukti kehebatan mereka. Selain itu, Thailand juga kerap jadi momok bagi Indonesia di Piala AFF.

    Tim yang berjuluk The War Elephants itu pun memiliki catatan yang mengesankan. Ya, mereka tak pernah kalah di fase grup Piala AFF sejak edisi 2012. Tidak hanya tak pernah kalah, mereka selalu memenangi laga fase grup sejak Piala AFF 2012.

    Indonesia pun sempat jadi korban keganasan Thailand di fase grup Piala AFF 2016. Saat itu, Andik Vermansah dan kawan-kawan menyerah 2-4 dari Thailand. Hattrick Teerasil dan satu gol Peerapat Notchaiya menghiasi kemenangan Thailand saat itu.

    Berikut rapor Thailand di fase grup Piala AFF sejak 2012:

     

    3 dari 3 halaman

    Rapor Thailand

    2012

    Thailand 2-1 Filipina

    Myanmar 0-4 Thailand

    Thailand 3-1 Vietnam

    2014

    Singapura 1-2 Thailand

    Malaysia 2-3 Thailand

    Thailand 2-0 Myanmar

    2016

    Thailand 4-2 Indonesia

    Thailand 1-0 Singapura

    Filipina 0-1 Thailand

    Video Populer

    Foto Populer