Awan Setho Dihujani Kritikan, Kurnia Sandy Pasang Badan

Oleh Muhammad Ivan Rida pada 20 Nov 2018, 15:45 WIB
Diperbarui 20 Nov 2018, 15:45 WIB
Awan Setho
Kiper Timnas Indonesia, Awan Setho, menangkap bola saat latihan di Stadion Patriot, Bekasi, Senin (2/10/2017). Latihan ini merupakan persiapan jelang laga persahabatan melawan Kamboja. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bola.com, Jakarta - Pelatih kiper Timnas Indonesia, Kurnia Sandy, membela Awan Setho Raharjo mendapat banyak kritikan karena dianggap melakukan blunder saat timnya takluk 2-4 dari Thailand, di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11/2018).

Pelatih Bima Sakti membuat kejutan karena menjadikan Awan sebagai starter ketika bersua Thailand di Grup B Piala AFF 2018. Padahal, kiper berusia 21 tahun itu minim pengalaman karena baru mencatatkan satu penampilan sebelum pertandingan bergulir.

Perjudian Bima berakhir pahit. Awan melakukan blunder dalam proses terjadinya gol pertama Thailand yang dicetak Korrakot Wiriya-Udomsiri pada menit ke-38. Gol itu membangkitkan semangat tim Gajah Perang untuk mendulang tiga gol lainnya.

Meski begitu, Kurnia enggan menyalahkan Awan terkait peristiwa tersebut. Pelatih berusia 43 tahun itu percaya dengan kemampuan yang dimiliki anak asuhnya.

"Siapapun kipernya pasti akan seperti itu. Kemarin kebetulan Awan yang mengalami masalah tersebut. Sekali lagi saya tegaskan, siapa pun yang menjadi kiper kemarin, pasti akan mengalami peristiwa itu," kata Kurnia kepada Bola.com.

"Saya melakukan pendekatan personal agar Awan bisa kembali ke bentuk terbaik. Saya percaya Awan memiliki kemampuan yang bagus," ujar Kurnia.

Awan Setho diprediksi duduk di bangku cadangan saat Timnas Indonesia bersua Filipina pada matchday keempat Grup B Piala AFF, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (25/11/2018).

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini