Jelang Timnas Indonesia Vs Filipina, Bima Sakti Dapat Tips Hadapi Sven-Goran Eriksson

Oleh Gatot Susetyo pada 21 Nov 2018, 15:55 WIB
Latihan Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina pada laga terakhir Grup A Piala AFF 2018, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (25/11/2018). Pada laga ini, pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti akan beradu taktik dengan arsitek Filipina, Sven-Goran Erikssson. 

Jelang laga tersebut, Bima Sakti mendapat tips dari pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago, untuk menghadapi adu taktik melawan mantan pelatih Timnas Inggris tersebut. 

"Tiap orang punya obsesi dan misi pribadi saat pegang tim. Bima Sakti juga pasti punya rencana sendiri saat menghadapi Filipina yang dilatih Eriksson. Tapi, saya kira obsesi semua pelatih akan sama bila timnya menghadapi lawan yang diarsiteki sosok sekelas Eriksson," kata Jacksen Tiago, Rabu (21/11/2018). 

Jacksen menyarankan Bima Sakti tak perlu minder dengan nama besar Sven-Goran Eriksson. "Kuncinya percaya diri. Yakin dengan kekuatan para pemain kita. Saya lihat materi Timnas Indonesia lebih bagus dibanding Filipina," ujar Jacksen.

Jacksen Tiago pernah dipercaya memegang tim Indonesia Selection pada laga persahabatan pada 2013 melawan Liverpool dan Arsenal yang dilatih Brendan Rodgers dan Arsene Wenger. Menurut Jacksen, saat itu dirinya sama sekali tak minder.

"Saya anggap semua pelatih sama. Meski dia sekelas Rodgers dan Wenger. Sebagai profesional tentu ingin tim asuhannya menang. Begitu juga ketika saya pegang tim Indonesia Selection dulu. Tiap pertandingan saya harus menangkan. Apakah itu di liga atau event apa pun," ungkap Jacksen Tiago. 

Peluang Timnas Indonesia melangkah lagi babak grup tergantung hasil pertandingan antara Timnas Thailand melawan Filipina, malam ini. Jika laga tersebut berakhir imbang, peluang Indonesia tertutup sudah. 

 

2 of 2

Tetap Pertandingan Penting

Namun, peluang sudah atau tertutup, Timnas Indonesia. tetap wajib meladeni tim polesan Sven-Goran Eriksson sesuai jadwal yang sudah dikeluarkan panitia AFF. 

Jacksen berharap Timnas Indonesia tetap menunjukkan performa terbaik saat meladeni Filipina, apa pun situasinya. 

"Apapun hasil Thailand lawan Filipina, pertandingan melawan Filipina di Jakarta tetap penting. Indonesia harus menunjukkan kemampuan terbaiknya," jelas Jacksen. 

Timnas Indonesia baru mengantongi satu kemenangan dari tiga laga yang dijalani di Grup B Piala AFF 2018, yaitu saat menjamu Timor Leste. Pada dua laga lain Skuat Garuda kalah, yaitu melawan Singapura dan Thailand. 

Lanjutkan Membaca ↓