Timnas Filipina Hanya Diperkuat 18 Pemain di Piala AFF 2018

Oleh Aning Jati pada 28 Nov 2018, 10:45 WIB
Timnas Indonesia Vs Filipina

Bola.com, Jakarta - Kekuatan Timnas Filipina di semifinal Piala AFF 2018 tereduksi. Bila tiga semifinalis lain masih diperkuat 23 pemain, the Azkals kini hanya punya 18 pemain saja dalam tim.

Pasukan yang berkurang itu lantaran lima pemain terpaksa meninggalkan timnas dan Piala AFF 2018 lebih dini untuk kembali gabung klub masing-masing, serta ada pula yang mengalami cedera.

Empat pemain balik ke klub asal adalah Neil Etheridge (Cardiff City), John Patrick Strauss (Erzgebirge Aue), Stephan Palla (Buriram United), dan Daisuke Sato (Sepsi Sfantu Gheorghe).

Keempatnya diminta kembali karena tenaga mereka dibutuhkan klub asal mengingat kompetisi domestik sudah bergulir pasca jeda internasional FIFA berakhir pada pekan lalu. Khusus Palla, belum diketahui alasan Buriram menginginkannya kembali mengingat Thai League 2018 sudah berakhir Oktober lalu.

Satu lagi, yakni Luke Woodland, juga terpaksa mengucapkan selamat tinggal pada Piala AFF 2018, namun karena mengalami cedera.

Pelatih Timnas Filipina, Sven-Goran Eriksson, dan jajaran tim pelatih kini harus menyiapkan taktik terbaik untuk meredam Vietnam tanpa lima pemain itu. Pasalnya, jika mengacu regulasi, untuk empat pemain yang kembali ke klub asal, tak bisa digantikan pemain lain. 

Padahal, Vietnam di atas kertas, bakal jadi lawan tangguh buat Timnas Filipina. "Sekarang kami harus menata ulang tim dan memastikan siap melawan Vietnam," ujar Dan Palami, manajer Timnas Filipina.

Sumber: The Inquirer