Sukses


    Phil Younghusband Kecewa Minimnya Dukungan buat Timnas Filipina di Piala AFF 2018

    Bola.com, Jakarta - Jelang semifinal Piala AFF 2018, kapten Timnas Filipina, Philip Younghusband, mengeluhkan minimnya atensi warga Filipina pada timnas sepak bola yang saat ini tampil di turnamen dua tahunan itu.

    Dari hasil penghitungan terkait jumlah total penonton di fase penyisihan grup, di antara kontestan Piala AFF 2018, Filipina mencatatkan hasil paling rendah.

    Dari dua pertandingan kandang di penyisihan Grup B, total penonton yang hadir di Stadion Panaad, Bacolod City, untuk mendukung Timnas Filipina hanya 7.849 orang saja.

    Jumlah itu bahkan kalah dengan Timor Leste, yang menjalani dua laga kandang di negara orang alias di tempat netral. Sekalipun demikian, Timor Leste tercatat masih mendapat dukungan dari 9.076 orang.

    Kondisi ini membuat Phil Younghusband kecewa. Ia pun curcol melalui akun Instagram personalnya. 

    "Saya baru lihat ini sekarang. Ini membuat saya sedih melihat kami ada di ranking terakhir dengan jumlah kehadiran penonton paling sedikit dalam dua laga kandang di antara peserta Piala AFF 2018. Bahkan, Timor Leste yang tak bermain di negara sendiri, mampu menarik lebih banyak dukungan ketimbang kami," ujarnya.

    "Saya yakin pasti ada penyebabnya, sesuatu yang mungkin tak bisa terpecahkan dalam hitungan hari. Di laga semifinal pada masa lalu, kami kerap kesulitan karena atmosfer dan pendukung lawan yang terus mendukung tuan rumah dan mengintimidasi kami. Kita harus melakukan hal sama di kandang sendiri," lanjut Phil.

    "Itulah mengapa, saya minta dukungan kalian semua pada leg pertama semifinal di kandang melawan Vietnam. Jika Anda ada di Bacolod, bisa terbang ke Bacolod, atau memberitahu teman-teman di Bacolod, datanglah ke sana dan penuhi Stadion Panaad!" imbuh adik James Younghusband itu.

    Di sisi lain, sepak bola sejauh ini di Filipina memang belum bisa menandingi popularitas basket, tinju, voli, maupun olahraga beladiri seni.

    Padahal, Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) sengaja memilih Stadion Panaad di Bacolod karena menilai wilayah itu memiliki iklim sepak bola baik dengan basis suporter yang lebih dibandingkan wilayah lain di Filipina sehingga diharapkan bisa memberikan dukungan maksimal pada Timnas Filipina selama Piala AFF 2018.

    Video Populer

    Foto Populer