3 Bintang Timnas Indonesia yang Jadi Properti Panas Jelang Bursa Transfer 2019

Oleh Muhammad Ivan Rida pada 01 Des 2018, 08:15 WIB
Riko Simanjuntak, Hansamu Yama dan Andik Vermansah

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia mengalami hasil buruk di Piala AFF 2018. Pasukan Bima Sakti gagal melaju ke semifinal karena hanya menempati peringkat keempat di klasemen akhir Grup B.

Mendulang empat poin, Timnas Indonesia terpaut empat angka dari Filipina yang mengklaim peringkat kedua, serta enam angka dari Thailand yang berstatus pemuncak klasemen.

Timnas Indonesia sejatinya mengalami hasil negatif di Piala AFF 2018. Namun, situasi itu tidak memengaruhi daya tarik para pemain pada bursa transfer musim depan.

Sejumlah pilar Tim Merah-Putih tetap menjadi magnet klub-klub papan atas Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Mereka pun dikabarkan tengah menjalani kontak dengan manajemen klub yang bersangkutan untuk segera merealisasikan proses transfer.

Sejumlah sosok ini dianggap memiliki kapasitas untuk mengangkat prestasi klub. Mereka memiliki kemampuan serta pengalaman mumpuni untuk membuat tim yang dibela tampil kompetitif.

Bola.com lantas merangkum tiga penggawa Timnas Indonesia yang dikabarkan menjadi buruan utama pada bursa transfer nanti. Siapa sajakah mereka? Berikut ini adalah ulasannya.

2 of 4

Andik Vermansah

Timnas Indonesia Vs Filipina
Gelandang Timnas Indonesia, Andik Vermansah, saat melawan Filipina pada laga Piala AFF 2018 di SUGBK, Jakarta, Minggu (25/11). Kedua negara bermain imbang 0-0. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Andik Vermansah berstatus tanpa klub setelah kontraknya tidak diperpanjang Kedah FA. Meski bebas transfer, sosok 27 tahun itu masih memiliki daya tarik karena bisa terus tampil konsisten.

Sang pemain tampil apik ketika membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Satu di antaranya adalah ketika Andik menjadi pemain terbaik dalam kemenangan 3-1 skuat Bima Sakti atas Timor Leste.

Performa apik Andik membuatnya dikaitkan dengan Persebaya Surabaya. Dia pun mengaku ingin kembali membela Bajul Ijo. Namun, sang pemain juga kabarnya kembali menjadi incaran dua tim asal Malaysia.

 

3 of 4

Hansamu Yama Pranata

Hansamu Yama Pranata
Hansamu Yama Pranata. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kontrak Hansamu Yama Pranata bersama Barito Putera bakal berakhir pada akhir musim ini. Namun, manajemen klub belum menunjukan memperpanjang masa bakti sang pemain.

Situasi itu kabarnya coba dimanfaatkan salah satu klub yang baru promosi ke Liga Utama Thailand, yakni Trat FC. Manajemen klub disebut siap mengucurkan sejumlah dana untuk mengamankan jasa bek 23 tahun tersebut.

Ketertarikan Trat FC kepada Hansamu pun tidak main-main. Menurut pemberitaan media-media Thailand, Phauong Khunnaen selaku pelatih Trat FC telah memantau permainan sang pemain ketika Timnas Indonesia bersua Singapura di Piala AFF 2018.

4 of 4

Evan Dimas Darmono

Aksi Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn Saat Laga Selangor FA Lawan Persija
Pemain tengah Selangor FA, Evan Dimas Darmono saat laga persahabatan melawan Persija di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Kamis (6/9). Persija kalah 1-2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kualitas olah bola yang dimiliki Evan Dimas Darmono menjadi magnet bagi setiap klub di Asia Tenggara, khususnya Malaysia dan Thailand. Setelah satu musim berseragam Selangor FA, eks penggawa Persebaya Surabaya itu belum menentukan masa depannya.

Satu di antara klub paling berminat menggaet Evan adalah Chonburi FC. Gelandang 23 tahun itu kabarnya diproyeksikan mengisi kuota pemain Asia Tenggara di klub yang bermain di Liga Utama Thailand tersebut.

Evan kabarnya bakal mengantongi gaji sekitar 653.000 baht, atau setara Rp 304,09 juta per bulan andai bersedia membela Chonburi pada musim depan.

Lanjutkan Membaca ↓