Kalahkan Filipina, Vietnam Selangkah Lagi ke Final Piala AFF 2018

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 02 Des 2018, 20:35 WIB
Profil Timnas Vietnam
2 of 2

Susunan pemain

Timnas Filipina harus menelan kekalahan 1-2 dari Vietnam pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2018 yang berlangsung di Stadion Panaad, Minggu (2/12/2018).

Kekalahan ini membuat Filipina harus kerja keras pada pertandingan leg kedua melawan Vietnam yang bakal digelar di Stadion Nasional My Dinh (6/12/2018). Adapun buat Vietnam kemenangan ini jadi modal berharga untuk melakoni laga nanti.

Bermain di depan pendukung sendiri, Filipina tampil menekan sejak awal pertandingan. Pada menit kesembilan, Patrick Reichelt mengancam melalui tendangan kaki kiri yang masih melebar di sisi kanan gawang Vietnam.

Keasyikan menyerang, tim tamu justru berhasil membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-12. Nguyen Anh Duc berhasil memanfaatkan umpan terobosan dari Doan Van Hau dengan sundulan yang gagal diantisipasi kiper Michael Falkesgaard.

Filipina kembali mengancam melalui Martin Steuble pada menit ke-28. Namun, bola tembakan kaki kanannya masih bisa ditangkap kiper Vietnam kawalan Dang Van Lam.

Pada menit ke-45+2, Filipina akhirnya mencetak gol penyeimbang melalui Patrick Reichelt. Memanfaatkan umpan silang Phil Younghusband, Patrick Reichelt kemudian melepaskan tembakan kaki kanan dari jarak dekat yang gagal diantisipasi kiper Vietnam.

Memasuki paruh kedua laga, publik tuan rumah kembali dibuat terdiam pada menit ke-48. Phan Van Duc mencetak gol melalui tembakan kaki kanan yang bersarang di tengah gawang Filipina.

Gol tersebut semakin membuat Vietnam tampil agresif. Pada menit ke-58, Phan Van Duc menebar ancaman dengan tembakan dari luar kotak penalti yang masih bisa ditangkap kiper Filipina.

Memasuki menit ke-82, Filipina hampir mencetak gol penyeimbang melalui Patrick Reichelt. Akan tetapi, bola hasil tembakannya masih melayang di atas gawang Vietnam.

Hingga laga usai, tak ada lagi gol tambahan. Vietnam berhasil mencuri kemenangan dengan skor 2-1 dan membuka peluang tampil di final Piala AFF 2018.

Filipina (4-4-2): Michael Falkesgaard (kiper), Carli De Murga, Alvaro Silva, Patrick Reichelt, Kevin Ingreso (belakang), Martin Steuble, Adam Reed, Manuel Ott, Stephan Schrock (tengah), Jovin Bedic, Phil Younghusband (depan)

Pelatih: Sven-Goran Eriksson (Swedia)

Vietnam (5-3-2): Dang Van Lam (kiper), Dong Duy Manh, Que Ngoc Hai, Doan Van Hau, Nguyen Trong Hoang (belakang), Pham Duc Huy, Do Hung Dung, Tran Dinh Trong, Nguyen Quang Hai (tengah), Phan Van Duc, Nguyen Anh Duc (depan)

Pelatih: Park Hang-seo (Korea Selatan)

Lanjutkan Membaca ↓