Menang di Filipina, Timnas Vietnam Tetap Kecewa

Oleh Aning Jati pada 03 Des 2018, 08:45 WIB
Timnas Vietnam vs Timnas Vietnam

Bola.com, Bacolod City - Timnas Vietnam berada di atas angin. Bermain di Stadion Panaad, Bacolod City, yang merupakan markas Timnas Filipina, the Golden Stars menang 2-1. Kemenangan pada leg pertama semifinal Piala AFF 2018, Minggu (2/12/2018), itu diyakini memuluskan langkah Vietnam ke final.

Satu laga tersisa, semifinal leg kedua, di atas kertas mampu dilewati Timnas Vietnam. Pasalnya, tim asuhan Park Hang-seo itu mendapat giliran menjamu Filipina. Selama ini, rekor kandang Vietnam, terutama di Stadion My Dinh, Hanoi, sangat baik.

Meski begitu, terselip penyesalan dari sang pelatih Park Hang-seo seusai tim asuhannya menang 2-1. Penyesalan itu, setelah gawang Vietnam kebobolan satu gol dari Filipina.

Sangat mengecewakan kami kebobolan satu gol. Tapi, tak ada yang namanya permainan sempurna," kata Park.

"Kami sebenarnya sudah bersiap diri sangat baik untuk laga ini. Kami telah mengantisipasi pola serangan Filipina," imbuh Park.

Satu gol yang bersarang ke gawang Vietnam kawalan kiper Dang Van Lam tercipta lewat Patrick Reichelt menit ke-47.

Reichelt memanfaatkan umpan silang kapten Philip Younghusband yang menyisir sisi kiri pertahanan Vietnam, dengan tembakan voli langsung mengarahkan bola dengan sempurna ke gawang Dang Van Lam untuk membuat skor jadi 1-1.

Di awal babak kedua, Vietnam kembali unggul. Kali ini lewat gol Phan Van Duc, menit ke-48. Hingga pertandingan usai, skor 2-1 untuk kemenangan Timnas Vietnam bertahan.

2 of 2

Komentar Eriksson

Pelatih Timnas Filipina, Sven-Goran Eriksson, juga angkat bicara perihal dua gol kebobolan yang diderita tim asuhannya pada laga ini.

"Kami bermain melawan tim yang sangat bagus. Melawan tim semacam itu, kami tak boleh kebobolan dengan mudah. Tapi, mereka justru bisa sampe ke lini belakang kami dengan gampangnya," kata Eriksson.

"Saya pikir kami masih bisa menguasai permainan, hingga gol kedua mereka lahir. Setelah itu, sulit bagi kami untuk mengejar," imbuh pelatih asal Swedia itu.

Kedua tim akan kembali bersua, pada semifinal leg kedua, dengan Timnas Vietnam sebagai tuan rumah pada Kamis (6/12/2018).

Sumber: AFF

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

Lanjutkan Membaca ↓