Sukses


    Depak Filipina, Vietnam Tantang Malaysia di Final Piala AFF 2018

    Bola.com, Hanoi - Timnas Vietnam melaju ke final Piala AFF 2018 setelah mengalahkan Filipina dengan skor 2-1 pada semifinal leg kedua yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Kamis (6/12/2018). Kemenangan ini membuat Vietnam melaju ke final dengan keunggulan agregat 4-2 karena pada leg pertama di Filipina, Vietnam menang 2-1.

    Ini menjadi edisi ketiga buat Vietnam tampil di final Piala AFF setelah 1998 dan 2018. Pasukan Park Hang-seo akan menghadapi Malaysia pada final yang digelar 11 dan 15 Desember 2018.

    Bermain di depan pendukung sendiri membuat Vietnam agresif sejak awal babak pertama. Pada menit ke-11, Nguyen Trong Hoang hampir mencetak gol andai bola hasil tembakannya tidak melebar.

    Begitu juga dengan percobaan Nguyen Quang Hai yang pada menit ke-28 yang masih bisa ditangkap kiper Filipina kawalan Patrick Deyto. Adapun Filipina hanya mendapatkan peluang melalui Iain Ramsay pada menit ke-45+2, yang terlalu tinggi di atas gawang Vietnam.

    Memasuki paruh kedua laga, Filipina kembali menyia-nyiakan peluang melalui aksi Kevin Ingreso pada menit ke-55. Bola hasil sepakan Ingreso dari luar kotak penalti masih melayang tinggi dari target.

    Gol yang ditunggu publik tuan rumah akhirnya tercipta pada menit ke-83 melalui Nguyen Quang Hai. Memanfaatkan umpan Phan Van Duc, Nguyen Quang Hai kemudian melepaskan tembakan kaki kiri dari jarak dekat yang merobek pojok kanan bawah gawang Filipina.

    Empat menit berselang, giliran Nguyen Cong Phuong yang mencatatkan namanya di papan skor. Bola hasil sepakan kaki kiri Nguyen Cong Phuong menghujam pojok kiri atas gawang Deyto.

    Filipina sempat menjaga asa pada menit ke-89 melalui James Younghusband. Pemain berusia 32 tahun itu melepaskan tembakan kaki kanan dari tengah kotak penalti yang gagal diantisipasi kiper Vietnam kawalan Dang Van Lam.

    Pada menit ke-90+5, Vietnam hampir menambah keunggulan melalui Doang Van Hau. Sayang, bola hasil tembakan kaki kirit dari jarak 32 meter itu masih bisa ditangkap kiper Filipina. Skor 2-1 untuk kemenangan Timnas Vietnam bertahan hingga peluit panjang.

    2 dari 2 halaman

    Susunan pemain

    Vietnam (5-3-2): Dang Van Lam (Kiper), Doan Van Hau, Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, Nguyen Trong Hoang, Tran Dinh Trong (belakang), Luong Xuan Truong, Pham Duc Huy, Nguyen Quang Hai (tengah), Phan Van Duc, Nguyen Anh Duc (depan)

    Pelatih: Park Hang-seo (Korea Selatan)

    Filipina (3-4-3): Patrcik Deyto (kiper), Amani Aguinaldo, Alvero Silva, Carli De Murga (belakang), Martin Steuble, Adam Reed, Kevin Ingreso, Iain Ramsay (tengah), Stephan Schrock, Patrick Reichelt, Phil Younghusband (depan)

    Pelatih: Sven-Goran Eriksson (Swedia)

    Video Populer

    Foto Populer