Euforia Timnas Vietnam di Piala AFF 2018 Menjalar hingga Korea Selatan

Oleh Aning Jati pada 14 Des 2018, 05:45 WIB
Suporter Timnas Vietnam

Bola.com, Jakarta - Euforia Timnas Vietnam yang sedang berkiprah di Piala AFF 2018 tak hanya melanda negara itu, melainkan menjalar hingga ke Korea Selatan. Hal ini berkaitan dengan keberadaan sang pelatih, Park Hang-seo, yang merupakan warga Negeri Ginseng.

Fox Sports Asia menulis berdasarkan laporan dari berbagai media massa di Vietnam, demam Timnas Vietnam di Korea Selatan bisa dibuktikan, satu di antaranya dengan antusiasme warga Negeri Ginseng menyaksikan siaran langsung pertandingan yang melibatkan Timnas Vietnam dari layar kaca.

Contoh terbaru tentu dari leg pertama final Piala AFF 2018 melawan Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur (11/12/2018), yang berkesudahan dengan skor 2-2.

Pada pertandingan itu, VnExpress mengungkap viewership yang dicatatkan mencapai 4,7 persen dari total penonton televisi di Korea Selatan berdasarkan data dari Nielsen Korea.

Media sama menambahkan, berdasarkan perhitungan itu, hal itu berarti ada sekitar 2,8 juta warga Korea Selatan yang menonton duel leg pertama final Piala AFF 2018 Malaysia versus Vietnam dari televisi.

"Sangat tak biasa turnamen sepak bola di Asia Tenggara disiarkan di Korea Selatan. Tapi, sejak Park Hang-seo menjadi pelatih Timnas Vietnam, ada permintaan bagus untuk menayangkan pertandingan yang melibatkan Vietnam di Korea Selatan," tulis media lokal Korea Selatan, The Hankyoreh Daily.

Faktanya, sepak terjang Park Hang-seo memang dalam pantauan media di Negeri Ginseng. Apalagi sepanjang tahun 2018, asisten pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2002 itu membukukan prestasi mengagumkan, mulai jadi finalis Piala AFC U-23 2018, masuk empat besar di Asian Games 2018, hingga masuk 100 besar dalam ranking FIFA terbaru per November 2018.

Media Korea Selatan terbilang ajek memberitakan aktivitas Park Hang-seo bersama Timnas Vietnam.

Timnas Vietnam juga berpeluang besar merebut gelar juara Piala AFF 2018. The Golden Dragon hanya butuh kemenangan 1-0 untuk memastikan jadi juara ketika bermain di kandang sendiri, Stadion My Dinh, Hanoi, Sabtu (15/12/2018), pada leg kedua final.

Sumber: Fox Sports Asia

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini