Sukses


    Berjaya bersama Timnas Vietnam, Sang Pelatih Raih Gelar Bergengsi di Korsel

    Bola.com, Jakarta - Timnas Vietnam dan Park Hang-seo ibarat sedang menikmati masa bulan madu. Keduanya cocok dan tengah merasakan masa-masa indah bersama. Park resmi menduduki kursi panas pelatih Timnas Vietnam senior dan U-23 pada akhir September 2017.

    Sejak itu, Timnas Vietnam mengalami perkembangan apik. Gairah sepak bola di negara itu juga makin meningkat menyusul perhatian lebih yang diberikan suporter pada kiprah timnas dalam berbagai ajang.

    Bersama Park, the Golden Stars menorehkan beberapa sejarah baru dalam sepak bola Vietnam sepanjang 2018.

    Diawali dengan jadi finalis Piala AFC U-23 2018, berlanjut jadi semifinalis Asian Games 2018, menempatkan Timnas Vietnam putra menembus 100 besar dunia sesuai ranking FIFA terbaru per November 2018, hingga terbaru, jadi finalis Piala AFF 2018. 

    Hanya beberapa hari sebelum leg kedua final kontra Malaysia yang digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, Sabtu (15/12/2018), tangan dingin Park di Timnas Vietnam serta keberadaan Park di sepak bola Vietnam mendapat pengakuan dari negara asalnya, Korea Selatan.

    Park mendapat penghargaan bergengsi "Person of the Year" yang diselenggarakan The Journalists Association of Korea.

    Park menjadi satu di antara 12 penerima gelar itu, yakni penghargaan individu untuk mereka yang menorehkan prestasi luar biasa dan memiliki kontribusi besar mendatangkan kebanggaan bagi Korea Selatan.

    Park, tentu saja mendapat penghargaan berkat kontribusinya untuk sepak bola Vietnam. Prestasinya mampu mengharumkan nama Korsel di kancah ASEAN dan bahkan Asia.

    Lebih dari itu, Park juga membawa demam Timnas Vietnam hingga ke Korea Selatan. Untuk kali pertama, SBS, satu di antara stasiun televisi di Negeri Ginseng itu menayangkan pertandingan Piala AFF, karena banyaknya permintaan. 

    Publik Vietnam juga sangat respek dengan asisten Guus Hiddink di Timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2002 itu. Pada Jumat ini (14/12/2018), dokumenter berjudul Park Hang-seo, Nguoi truyen lua (The Inspirer), yang mengangkat momen-momen berharga dari lapangan, kecintaan fans pada tim, wawancara dengan sang pelatih hingga kehidupan Park, beredar di bioskop Vietnam.

    Park Hang-seo dan Timnas Vietnam berpeluang menutup prestasi cemerlang pada 2018 dengan raihan gelar juara Piala AFF 2018. The Golden Stars hanya butuh kemenangan 1-0 atas Malaysia untuk menyabet gelar juara kedua mereka sepanjang Piala AFF.

    Sumber: VN Express

    Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

    Video Populer

    Foto Populer