Pelatih Timnas Vietnam Raih Penghargaan di Korea

Oleh Wiwig Prayugi pada 16 Des 2018, 18:45 WIB
Timnas Vietnam

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, meraih penghargaan "Person of the Year 2018" dari Korean Press Association. Penghargaan tersebut diberikan kepada individu yang memberi dampak besar pada citra positif Korea.

Seperti diketahui, Park Hang-seo sukses mengantarkan Timnas Vietnam menjuarai Piala AFF 2018. Pada final, Vietnam mengalahkan Malaysia dengan agregat 3-2.

Park Hang-seo meroket setelah menjadi bagian dari skuat Korea Selatan pada Piala Dunia 2002. Ia merupakan asisten pelatih Guus Hidink.

Di Timnas Vietnam, Hang-seo membawa Vietnam U-23 mencetak sejarah lolos ke final Piala AFC U-23 dan meraih juara Piala AFF 2018.

Dengan kontribusi besar untuk sepak bola Vietnam, Park Hang-seo mendapat perhatian tersendiri dari Korea.

Bahkan, KBS, stasiun televisi terbesar di Korea, untuk pertama kali membeli hak siar final Piala AFF 2018 yang mempertemukan Vietnam dan Malaysia. Keputusan berani KBS ini mendapat sambutan positif dari publik Korea.

Park Hang-seo menjadi pelatih yang sangat disegani oleh warga Vietnam. Setelah mengantarkan Timnas Vietnam ke tangga juara, puluhan ribu warga Hanoi berpesta dan mereka juga membawa bendera Korea Selatan sebagai ucapan terima kasih kepada sang pelatih.

Sumber: VFF