Asyik! AFF Setujui Tambahan Skuad di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong Leluasa Pilih Pemain untuk Timnas Indonesia

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 31 Okt 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 01 Nov 2021, 10:03 WIB
Piala AFF
Ilustrasi trofi Piala AFF (dok. Piala AFF)

Bola.com, Hanoi - Kabar baik datang untuk Timnas Indonesia dan tim peserta Piala AFF 2020 lain. Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) disebut menyetujui tambahan skuad untuk Piala AFF 2020.

AFF kabarnya menyetujui penambahan skuad Piala AFF 2020 menjadi 30 pemain. Situasi ini membuat Timnas Indonesia dan tim lain leluasa mendaftarkan banyak pemain.

AFF menyadari Piala AFF 2020 akan berbeda dengan turnamen edisi sebelumnya. Piala AFF kali ini terasa spesial karena digelar selama masa pandemi COVID-19.

"Kami telah bertemu dan merevisi aturan turnamen sesuai dengan situasi saat ini. Dengan demikian, setiap tim diperbolehkan mendaftarkan 30 pemain dan 20 ofisial selama turnamen," kata Wakil Presiden VFF, Tran Quoc Tuan, seperti dikutip Zing Vietnam.

Biasanya, skuad Piala AFF dihuni 23 pemain. Adanya tambahan tujuh pemain yang bisa didaftarkan membuat tim memiliki lebih banyak pilihan dan mempersiapkan diri dengan baik untuk pertandingan Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia tergabung di Grup B Piala AFF 2020. Pasukan Shin Tae-yong akan bersaing dengan Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos pada turnamen elite di Asia Tenggara itu.

2 dari 3 halaman

TC di Turki

Foto: Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Pemain Persebaya Ini Tampil Impresif
Timnas Indonesia malah kembali membobol gawang Chinese Taipei saat telah memasuki injury time lewat serangan balik. Witan Sulaeman melakukan penetrasi ke kotak penalti lawan sebelum akhirnya melepas tembakan mendatar yang mulus menggetarkan jala gawang Chinese Taipei. (Dok. PSSI)

Timnas Indonesia berencana menggelar pemusatan latihan untuk persiapan Piala AFF 2020 mulai November 2021. Pemusatan latihan rencananya akan digelar di Turki.

Timnas Indonesia dijadwalkan bertolak ke Turki pada 18 November 2021. Selama dua pekan, pasukan Shin Tae-yong bakal menggelar pemusatan latihan demi meraih hasil maksimal di Piala AFF 2020.

"Insyaallah pada November 2021 Timnas Indonesia dan timnas U-19 rencananya akan melaksanakan pemusatan latihan di Turki," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

"Sebab, Shin Tae-yong bakam memimpin timnas U-19 juga untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023. Makanya, kami satukan pemusatan latihan dengan Timnas Indonesia," ucap Yunus Nusi.

3 dari 3 halaman

Target Tinggi

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia meraih kemenangan 3-0 atas Chinese Taipei pada leg 2 Play Off Piala Asia 2023 di Buriram Stadium, Senin (11/10/2021) malam WIB. (dok. AFC)

PSSI mematok target tinggi untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Skuad Garuda asuhan Shin Tae-yong diharapkan bisa untuk pertama kalinya menjadi juara di Piala AFF.

Ini menjadi tantangan berat buat pelatih Shin Tae-yong. Target tinggi yang diberikan PSSI cukup masuk akal mengingat Timnas Indonesia selalu dibuat penasaran sama Piala AFF.

Timnas Indonesia sudah lima kali tampil di final Piala AFF. Namun, Dewi Fortuna selalu tak berpihak untuk skuad Garuda sehingga harus menerima kenyataan menjadi yang kedua pada turnamen tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓