Sukses


    Timnas Indonesia Layak Panik Nih, Vietnam Resmi Perpanjang Kontrak Park Hang-seo

    Bola.com, Hanoi - Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) resmi memperpanjang kontrak pelatih Park Hang-seo. Keputusan ini diambil setelah karena menilai Park Hang-seo memiliki kinerja yang memuaskan bersama Timnas Vietnam.

    "Federasi Sepak Bola Vietnam dan pelatih Park Hang-seo setuju untuk melanjutkan kontrak. Kami mencapai kesepakatan tentang kelanjutan kontrak yang sudah ditandatangani," bunyi keterangan resmi VFF, Kamis (11/11/2021). 

    Park Hang-seo meneken kontrak baru yang berlaku mulai 1 Februari 2022 sampai 31 Januari 2023. Perpanjangan kontrak ini tentu menjadi sinyal bahaya untuk tim-tim pesaing termasuk Timnas Indonesia.

    Bersama Park Hang-seo, dalam empat tahun terakhir Vietnam mengalami perkembangan signifikan. Park Hang-seo sukses membantu Timnas Vietnam senior menjuarai Piala AFF 2018.

    Selain itu, Park Hang-seo juga berjasa dalam membantu Timnas Vietnam U-18 meraih predikat runner-up di Piala Asia U-23 2018. Park Hang-seo juga mempersembahkan medali emas SEA Games 2019 untuk Timnas Vietnam U-22.

    Saat ini, Park Hang-seo masih fokus meloloskan Timnas Vietnam ke Piala Dunia 2022. Nguyen Tien Linh dkk berada di peringkat buncit klasemen sementara Grup B dengan nol poin.

    VFF menilai perpanjangan kontrak dilakukan secara bertahan sesuai dengan keinginan dan pandangan yang bertujuan pengembangan dari sepak bola Vietnam. Kontrak baru ini juga diberikan agar Park Hang-seo bisa fokus melatih Timnas Vietnam.

    2 dari 3 halaman

    Boleh Panik

    Perpanjangan kontrak yang dilakukan Park Hang-seo bersama Timnas Vietnam patut mendapatkan perhatian dari Timnas Indonesia. Seperti diketahui, sejak diasuh Park Hang-seo, Timnas Indonesia di kelompok usia manapun kesulitan mengalahkan Vietnam.

    Timnas Indonesia U-22 pernah dikalahkan Vietnam pada final SEA Games 2019 dengan skor 0-3. Selain itu, Timnas Indonesia senior juga pernah dua kali dikalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

    Timnas Indonesia menelan kekalahan 1-3 ketika menjamu Vietnam di kandang. Kemudian menyerah 0-4 saat menantang Vietnam dalam laga tandang yang berlangsung di tempat netral.

    3 dari 3 halaman

    Misi Ambisius

    Gelar yang paling realistis diraih Timnas Vietnam dalam waktu dekat adalah Piala AFF 2020. Turnamen ini menjadi momentum bagi Vietnam untuk mempertahankan gelar bersama Park Hang-seo.

    Timnas Vietnam tergabung di Grup B Piala AFF 2020 bersama Malaysia, Timnas Indonesia, Kamboja, dan Laos. Statistik pertemuan dalam laga terakhir melawan masing-masing tim di turnamen apapun, Vietnam tak terbendung.

    Dengan demikian, Vietnam berpeluang tanpa kendala di babak penyisihan grup. Namun, Vietnam tentu tak boleh jemawa karena Timnas Indonesia dan Malaysia punya misi khusus untuk meraih kesuksesan di Piala AFF 2020.

    Video Populer

    Foto Populer