Sukses


    Piala AFF Masuk Perhitungan Peringkat FIFA, Timnas Indonesia Wajib Tampil Maksimal

    Bola.com, Jakarta - Piala AFF 2020 akan bergulir mulai 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2021. Setiap edisinya selalu banyak masyarakat yang tak memahami status dari turnamen elite antarnegara diĀ Asia Tenggara itu.

    Piala AFF kerap menjadi momok setiap penyelenggaraannya. Turnamen yang biasanya digelar pada akhir tahun itu kerap dipandang sebelah mata, sehingga banyak klub yang enggan melepas pemainnya untuk memenuhi panggilan tim nasional di Piala AFF.

    FIFA sempat mencatat Piala AFF sebagai pertandingan persahabatan biasa. Namun, sejak Piala AFF 2016 prestise turnamen meningkat seiring pengakuan FIFA sebagai turnamen kategori A.

    Piala AFF naik kelas setelah FIFA melihat adanya peningkatan jumlah audiens televisi dan penonton yang datang menyaksikan turnamen tersebut. Pertandingan yang ada di Piala AFF pun masuk hitungan poin untuk ranking FIFA.

    Dalam rumus perhitungan poin FIFA untuk pemeringkatan, laga uji coba masuk kategori berbobot kecil. Adapun jumlah pertandingan yang punya bobot poin besar adalah Piala Dunia dengan 4,0 poin, turnamen konfederasi dengan bobot 3,0, dan kualifikasi Piala Dunia atau kualifikasi turnamen konfederasi sebesar 2,5 poin.

    Meskipun Piala AFF berubah status dari pertandingan persahabatan biasa ke kategori A, dari segi poin tak ada perubahan. Poin yang bisa diraup tetap 1 karena termasuk untuk kategori persahabatan dan turnamen kecil.

    2 dari 3 halaman

    Wajib Maksimal

    Timnas Indonesia wajib memanfaatkan laga Piala AFF 2020 untuk mendongkrak ranking FIFA. Timnas Garuda tergabung di Grup B Piala AFF bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

    Dalam ranking FIFA saat ini, Timnas Indonesia (165) berada di bawah Vietnam (98) dan Malaysia (155). Artinya, bila mampu mengalahkan kedua negara tersebut, Tim Merah-Putih bisa meraup poin yang banyak.

    Semakin tinggi peringkat lawan yang dikalahkan atau menahan imbang, maka semakin besar poin yang didapat. Begitu pula dengan rencana laga uji coba yang akan dilakukan Timnas Indonesia pada pemusatan latihan di Turki.

    Timnas Indonesia akan menghadapi Afghanistan (16/11/2021) dan Myanmar (25/11/2021). Di ranking FIFA, kedua negara tersebut berada di atas Indonesia yakni Afganistan di uruan ke-152 dan Myanmar di urutan ke-145.

    "Kami menargetkan dua kemenangan melawan Afghanistan dan Myanmar. Dengan meraih kemenangan tentu akan membuat peringkat FIFA Indonesia akan naik, karena saat ini masih di posisi 165. Kami harap pemain terus fokus, kerja keras, disiplin dan mengikuti instruksi pelatih,"Ā kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

    3 dari 3 halaman

    Daftar Pemain Timnas Indonesia

    Kiper

    1. M. Riyandi, Barito Putera

    2. Syahrul Fadillah, Persikabo 1973

    Bek

    3. Fachrudin Aryanto, Madura United

    4. Victor Igbonefo, Persib

    5. Ryuji Utomo, Penang FC

    6. Alfeandra Dewangga, PSIS

    7. Elkan Baggott, Ipswich Town U-23

    8. Pratama Arhan, PSIS

    9. Edo Febriansyah, Persita

    10. Marckho Meraudje, Borneo FC

    11. Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners

    Gelandang

    12. Evan Dimas, Bhayangkara FC

    13. Kadek Agung, Bali United

    14. Rachmat Irianto, Persebaya

    15. Ahmad Agung, Persik Kediri

    16. Ricky Kambuaya, Persebaya

    17. Irfan Jaya, PSS Sleman

    18. Ramai Rumakiek, Persipura

    19. Witan Sulaeman, Lechia Gdanks

    20. Egy Maulana Vikri, FK Senica

    21. Yabes Roni, Bali United

    Penyerang

    22. Kushedya Hari Yudo, Arema FC

    23. Dedik Setiawan, Arema FC

    24. Hanis Saghara, Persikabo 1973

    25. Ezra Walian, Persib

    Video Populer

    Foto Populer