Sukses


    Fakhri Husaini Sindir Rencana PSSI Menaturalisasi 4 Pemain untuk Timnas Indonesia

    Bola.com, Jakarta - Mantan pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaeni, bereaksi keras terkait rencana PSSI untuk melakukan naturalisasi terhadap empat pemain. Fakhri Husaini terang-terangan menyindir PSSI terkait rencana tersebut.

    Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sebelumnya menyatakan kesiapan mengakomodir keinginan pelatih Shin Tae-yong mendapatkan tambahan pemain dari sektor naturalisasi untuk Timnas Indonesia.

    Bahkan, sudah ada dua dari empat namanya yang masuk daftar pertimbangan. Dua nama yang sudah bocor diajukan untuk masuk program naturaliasi adalah Jordi Amat dan Sandy Walsh.

    Mochamad Iriawan mengaku tambahan kekuatan untuk Timnas Indonesia melalui proses naturalisasi adalah hak setiap pelatih.

    "Semua pemain itu adalah hak pelatih untuk mencari. Tak ada pemain yang tak dia minta. Jadi, saya memang berikan kebebasan pada Shin," kata Mochamad Iriawan.

    Fakhri Husaini yang getol melakukan pembinaan pada pemain muda menyayangkan keinginan PSSI dalam melakukan naturaliasi pemain. Pria yang kini melatih Persiba Balikpapan itu menyindir tagline yang selama ini melekat dengan Timnas Indonesia yakni 'Percaya Proses'.

    "Ternyata yang dimaksud dengan "Percaya Proses" adalah "Percaya Proses Naturalisasi", ya....Mantapss," sembari menambahkan emote ikon menangis di akun Instagram-nya.

    PSSI memang belum secara gamblang mengiyakan proses naturaliasi untuk empat pemain untuk Timnas Indonesia. Namun, PSSI akan melakukan segala upaya yang dibutuhkan pelatih Shin Tae-yong untuk memajukan Timnas Indonesia.

    2 dari 3 halaman

    Alasan Shin Tae-yong

    Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, punya alasan khusus mengajukan empat nama untuk proses naturaliasi pemain Timnas Indonesia. Menurut Shin Tae-yong, tambahan empat nama yang disiapkan bakal membuat skuat Garuda semakin tangguh.

    "Mereka sudah punya darah Indonesia. Saya sudah mengajukan ke Pak Iriawan dan beliau berusaha akan membantu," kata Shin Tae-yong.

    "Kalau ada empat pemain itu di Timnas Indonesia, pasti timnas akan lebih kuat di Asia Tenggara," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

    3 dari 3 halaman

    Lebih Banyak Mudaratnya

    PSSI sampai saat ini sudah mengabulkan 35 proses naturaliasi pemain di Indonesia. Dalam daftar tersebut, pemain yang diizinkan pindah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) berasal dari Afrika, Eropa, hingga Amerika Selatan.

    Sayangnya, mayoritas pemain yang disetujui menjadi WNI tak membawa dampak signifikan untuk Timnas Indonesia. Situasi tersebut tentu harus menjadi pertimbangan buat PSSI dalam upaya menaturalisasi pemain.

    Sejauh ini, hanya Cristiano Gonzales dan Beto Goncalves yang bisa disebut berhasil. Keduanya sempat membuat lini depan Timnas Indonesia disegani lawan.

    Video Populer

    Foto Populer