Sukses


    Jelang Piala AFF 2020: PSSI Memastikan Timnas Indonesia Tanpa Pemain Titipan

    Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan bahwa tidak ada nama titipan di Timnas Indonesia. Pria yang karib disapa Iwan Bule itu mengatakan pemanggilan pemain merupakan murni pilihan Shin Tae-yong, baik tim senior yang bakal berlaga di Piala AFF 2020 maupun tim U-18 yang tengah bersiap untuk Piala Dunia U-20 2023.

    Mochamad Iriawan bercerita bahwa beberapa waktu lalu ada pihak yang menggodanya menitipkan pemain ke Timnas Indonesia. Namun, PSSI disebutnya menolak mentah-mentah.

    Iwan Bule menegaskan bahwa pengajuan pemain untuk Timnas Indonesia menjadi wewenang sepenuhnya Shin Tae-yong sebagai pelatih Tim Garuda.

    "Saya tidak campur tangan soal pemilihan pemain Timnas Indonesia. Tidak ada titipan. Itu sudah menjadi komitmen bersama," ujar Iwan Bule dalam diskusi bersama wartawan di Garuda Store, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Senin (15/11/2021).

    "Artinya, siapa pun yang diminta Shin Tae-yong akan saya terima. Dia yang tahu mengenai pemain," jelas Ketua Umum PSSI itu.

     

     

    2 dari 3 halaman

    Shin Tae-yong Penentu Pemain Timnas Indonesia

    Iriawan juga menerangkan bahwa Shin Tae-yong meminta empat pemain keturunan Indonesia di Eropa untuk dinaturalisasi. Keempatnya adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers, dan Kevin Diks.

    "Sebelumnya Timnas Indonesia berangkat ke Turki, Shin Tae-yong meminta empat pemain keturunan untuk dinaturalisasi. Pelatih punya otoritas tertinggi untuk memajukan tim nasional, dan itu kami akomodasikan," ujar Iriawan.

    "Komunikasi saya dengan Shin Tae-yong itu enak. Saya cerita, ada teman saya yang mau menitipkan pemain ke Timnas Indonesia, itu tidak bisa. Shin tae-yong bicara bahasa Indonesia saja tidak bisa."

    "Jadi saya enak bicara ke Shin Tae-yong. Dia saja tidak punya teman di sini. Alhamdulillah soal pemain naturalisasi, kami cek dulu untuk dikaji," tegasnya.

     

    3 dari 3 halaman

    Persiapan Menuju Piala AFF 2020

    Saat ini Timnas Indonesia sedang berada di Turki. Tim Garuda tengah menjalani pemusatan latihan sekaligus menggelar dua laga uji coba.

    Timnas Indonesia akan menghadapi Afgahnistan dalam laga uji coba yang digelar Selasa (16/11/2021), Myanmar pada 25 November 2021, serta Antalyaspor pada 28 November 2021.

    Pemusatan latihan dan deretan pertandingan latih tanding di Turki bertujuan untuk mematangkan persiapan Timnas Indonesia yang akan berkiprah di Piala AFF 2020 di Singapura pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

    Video Populer

    Foto Populer