Sukses


    Menilik Kans 4 Pemain Timnas Indonesia yang Berkarier di Luar Negeri Dalam Uji Coba Vs Afghanistan: Jadi Tumpuan

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia sedang menjalani pemusatan latihan dalam persiapan menghadapi ajang Piala AFF 2020. Selama berlatih di Turki, tim Merah-putih juga menjalani serangkaian uji coba selama di Turki.

    Pertandingan uji coba internasional pertama yang dijalani Timnas Indonesia di Turki adalah laga melawan Afghanistan. Kedua tim akan saling berhadapan di  Antalya, Turki, pada Selasa (16/11/2021).

    Kedua tim pernah bertemu dalam uji coba pada 25 Mei 2021 lalu.  Meski sayangnya dalam laga di Iran itu, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Afganistan 2-3.

    Timnas Indonesia di bawah besutan Shin Tae-yong akan menurunkan komposisi terbaiknya. Terutama kerangka tim untuk menghadapi ajang Piala AFF 2020 mendatang yang wajib dimatangkan.

    Di sisi lain, beberapa penggawa Timnas Indonesia yang berkarier di luar negeri bisa ikut hadir dalam uji coba kontra Afghanistan. Tentu mereka bakal menjadi tumpuan karena kemampuan serta pengalaman yang dimiliki.

    Berikut ulasan versi Bola.com, mengenai kans empat pemain kunci Timnas Indonesia yang berkarier di luar negeri saat uji coba kontra Afghanistan.

    2 dari 5 halaman

    Elkan Baggott

    Elkan Baggott dipercaya pelatih Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia untuk persiapan Piala AFF di Turki. Dia kembali mendapatkan kesempatan setelah sempat menolak panggilan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

    Baggott memastikan bahwa Timnas Indonesia tidak hanya sekadar bertanding saja di Piala AFF, namun juga berusaha untuk memulangkan trofi itu untuk pertama kalinya ke Tanah Air.

    Punya postur tubuh tinggi dan kuat, Elkan Baggott akan menjadi penghalau serangan lawan terutama dari bola-bola atas. Termasuk partai melawan Afghanistan nanti, ketika calon lawan punya keunggulan postur pemain.

    Oleh pelatih Shin Tae-yong, Elkan Baggott bakal tampil sejak menit pertama melawan Afghanistan. Besar kemungkinan ia akan diduetkan dengan Victor Igbonefo di jantung pertahanan.

    Belum lama ini, Elkan Baggott mengaku percaya diri dengan kualitas timnya di Piala AFF 2020. Pemain berusia 19 tahun itu berani untuk menargetkan gelar juara.

    3 dari 5 halaman

    Asnawi Mangkualam

    Pemain yang berkarier di klub Korea Selatan, Ansan Greeners merupakan pilihan utama Shin Tae-yong, khususnya di sektor bek sayap kanan.

    Pelatih Shin Tae-yong terlihat sangat menyukai gaya permainan Asnawi Mangkualam di Timnas Indonesia. Tak hanya itu, Shin Tae-yong juga sangat terkesan dengan disiplin dan sikap Asnawi.

    Asnawi Mangkualam merupakan bek yang punya semangat juang tinggi. Kinerja itu ditunjukkan Asnawi saat membela Timnas Indonesia sejak U-19, U-23, hingga senior.

    Asnawi merupakan bek kanan yang dikenal sering membantu serangan. Selain itu, Asnawi juga punya kemampuan berlari yang kencang dan nafas tanpa lelah. Ia juga berani menguasai bola melewati lawan.

    Asnawi juga memiliki akurasi tembakan yang baik. Sesekali bola hasil sepakannya sempat mengagetkan kiper lawan.

    4 dari 5 halaman

    Egy Maulana Vikri

    FK Senica resmi memberikan izin kepada Egy Maulana Vikri untuk memperkuat Timnas Indonesia pada jeda internasional. Namun, izin tersebut hanya tertera untuk satu laga persahabatan.

    Egy masuk daftar 26 pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di Turki. Kegiatan itu merupakan bagian dari persiapan tampil di Piala AFF 2020.

    Timnas Indonesia akan melakoni dua laga persahabatan melawan Afghanistan (16/11/2021) dan Myanmar (25/11/2021). Namun, FK Senica hanya memberikan izin kepada Egy untuk mengikuti satu pertandingan, karena sisanya digelar bukan pada jeda internasional di kalender FIFA.

    Egy Maulana Vikri adalah tumpuan di sektor gelandang serang sisi kanan. Ia dibekali skill menawan terutama kekuatan kaki kirinya untuk menusuk sisi kanan pertahanan lawan.

    5 dari 5 halaman

    Witan Sulaeman

    Kreativitas lini kedua Timnas Indonesia bisa bertumpu pada sosok Witan Sulaeman. Ia memiliki tipikal permainan seperti Egy Maulan Vikri, yakni mengandalkan kekuatan kaki kirinya.

    Penggawa Lechia Gdansk ini juga punya modal apik ketika ia berhasil mencetak gol ke gawang Australia pada leg pertama kualifikasi Piala Asia U-23. Gol cantik kaki kirinya sempat membuat asa tim Merah-putih.

    Witan akan memegang peranan penting dalam serangan Timnas Indonesia U-23. Winger berusia 20 tahun itu tidak hanya dapat menjadi kreator, namun juga sebagai finisher.

    Melihat peluangnya melawan Afghanistan nanti, Witan Sulaeman seperti biasa bakal menjadi pemain pengganti di babak kedua. Kemungkinan ia tampil menggantikan Egy Maulana Vikri yang memiliki posisi dan tipe permainan yang hampir sama.

    Video Populer

    Foto Populer