Sukses


    6 Fakta Sandy Walsh, Calon Pemain Timnas Indonesia: Garis Keturunan hingga Prestasi di Eropa

    Bola.com, Jakarta - Sandy Walsh kembali menjadi pembicaraan. Pemain keturunan Indonesia tersebut diusulkan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi.

    Sandy Walsh sebenarnya sudah lama mengutarakan niatnya membela Timnas Indonesia. Dia kerap menebar kode dan mencuri perhatian penggemar di Indonesia.

    Sandy Walsh juga sudah sempat dipantau oleh Luis Milla, pelatih Timnas Indonesia sebelumnya. Namun, proses naturalisasinya masih menemui hambatan.

    Sandy Walsh mengungkapkan dirinya berniat untuk membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada Juni 2021. Namun, keinginannya belum terwujud.

    Ia pun rutin berkomunikasi dengan Shin Tae-yong dan berpeluang membela skuad Garuda.

    Yuk, cek apa saja fakta-fakta Sandy Walsh yang dirangkum Bola.net dan Bola.com.

    2 dari 7 halaman

    Lahir di Mana?

    Sandy Walsh merupakan pemain kelahiran Brussel, Belgia pada 14 Maret 1995. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan tersebut lahir dari pasangan Brigitta Portier dan Gary Walsh.

    Sandy Walsh merupakan pemain berdarah campuran. Dia juga termasuk keturunan Republik Irlandia dan Swiss dari ayahnya, Gary Walsh.

    Sementara garis keturunan Indonesia berasal dari Ibunya, Brigitta Portier. Kakeknya berasal dari Surabaya, dan neneknya dari Malang.

    3 dari 7 halaman

    Timnas Belanda

    Karena punya garis keturunan Belanda, Sandy Walsh juga tercatat pernah membela Timnas Belanda di kelompok usia. Dia sempat memperkuat Belanda U-15 sampai U-20.

    Dia juga pernah mempersembahkan gelar kejuaran Europa U-17 UEFA pada tahun 2012, tapi dia kerap menjadi pemanas bangku cadangan.

    4 dari 7 halaman

    Liga Belgia

    Kendati berpaspor Belanda dan memperkuat Timnas Belanda kelompok usia, Sandy Walsh membela klub-klub Belgia sejak remaja. Dia merupakan jebolan Anderlecht.

    Sejak 6 Oktober 2020, Sandy Walsh bermain untuk KV Mechelen, yang mentas di Liga Pro Belgia. Dia mendapatkan menit bermain reguler di klubnya tersebut.

    5 dari 7 halaman

    Catatan Prestasi

    Sandy Walsh termasuk pemain yang berprestasi. Bersama Timnas Belanda U-17, dia pernah menjuarai kejuaran Europa U-17 UEFA pada tahun 2012.

    Sementara di level klub, dia pernah menjuarai Piala Belgia bersama KRC Genk pada tahun 2013. Sandy Walsh termasuk pemain yang rajin cetak gol dan assist, saat ini dia terlibat dalam 5 gol KV Mechelen.

    Sandy Walsh pernah merasakan atmosfer kompetisi Liga Europa. Dia pertama kali tampil pada musim 2013/2014 bersama KRC Genk. Kesempatan kembali datang ketika dia membela S.V. Zulte Waregem. Dia tampil empat kali pada babak penyisihan grup. 

    6 dari 7 halaman

    Garis Keturunan

    Sandy Walsh memiliki darah Indonesia dari sang ibunda yang kedua orang tuanya berasal Jawa Timur. Adapun ibunda Sandy lahir di Swiss, namun tumbuh besar di Belanda.

    Sandy Walsh juga memiliki darah Inggris dari ayahnya yang merupakan keturunan Inggris-Irlandia. Sejauh ini, Sandy Walsh belum memutuskan untuk membela timnas di level senior.

    Sandy pernah memperkuat Timnas Belanda di kelompok umur yang merupakan negara di mana ibunya pernah tinggal. Jadi, Sandy saat ini berpeluang membela Timnas Belgia, Inggris, Republik Irlandia, Swiss, Belanda, dan Indonesia.

    7 dari 7 halaman

    Pesan dari Kakek

    Sandy Walsh, mengaku bersemangat untuk membela Timnas Indonesia karena termotivasi petuah sang kakek.

    Akan tetapi, berkat petuah sang kakek, Sandy Walsh lebih tertarik untuk membela Timnas Indonesia. Keinginan itu semakin kuat ketika namanya mendapatkan sorotan dari media Tanah Air ketika tampil pada perempat final Liga Europa 2016-2017 bersama raksasa Belgia, Genk.

    "Sebagai pesepak bola saya selalu memikirkan tim nasional karena saya suka menonton Piala Dunia, Piala Eropa, bahkan Piala Asia dan Piala Afrika. Saya banyak diskusi dengan kakek yang merupakan orang Indonesia, namun tinggal di Belgia," kata Sandy Walsh di Youtube BangBes.

    "Dia bilang, 'kamu bisa bermain untuk Timnas Belanda yang merupakan satu dari segelintir dari tim terbaik. Akan tetapi, harus diingat kamu juga bisa bermain untuk Timnas Indonesia. Negara yang juga mencintai sepak bola'," kenang Sandy Walsh.

    Sumber: Berbagai sumber, wawancara

    (Bola.net/Mustopa El Abdy, Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

    Video Populer

    Foto Populer