VIDEO: Timnas Indonesia Telan Kekalahan Melawan Afghanistan di Laga Uji Coba Pertama Jelang Piala AFF 2020

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 16 Nov 2021, 23:36 WIB
Diperbarui 16 Nov 2021, 23:36 WIB

Bola.com, Turki Timnas Indonesia menelan kekalahan dalam laga uji coba internasional yang juga merupakan persiapan menuju Piala AFF 2020. Bersua Afghanistan di Gloria Sports Arena, Antalya, Turki, Selasa (16/11/2021), anak asuh Shin Tae-yong kalah tipis 0-1.

Timnas Afghanistan memulai pertandingan dengan menguasai bola. Mereka mencoba memperlebar area permainan dengan mengirim bola ke sisi sayap dalam melakukan serangan. Namun, peluang pertama justru datang dari Timnas Indonesia.

Elkan Baggott berhasil membuka peluang serangan pada menit keempat. Ia berhasil mengirimkan umpan ke Witan Sulaeman dan diteruskan langsung ke Ricky Kambuaya. Sayang tembakan dari Ricky Kambuaya masih melenceng dari gawang Afghanistan.

Hanya berselang empat menit, Timnas Indonesia kembali meraih peluang. Kali ini datang dari kerjasama yang bagus antara Ricky Kambuaya dan Dedik Setiawan. Sayang, umpan yang diterima Witan Sulaeman masih belum menemui gol.

Momen itu terjadi pada menit kelima saat bek Elkan Baggott membantu serangan pada menit keempat. Dari tengah lapangan, dia mengirim umpan ke sayap kiri pada Witan Sulaeman. Bola diteruskan ke Ricky Kambuaya dengan menghasilkan tembakan yang masih melenceng dari gawang lawan.

Jelang berakhirnya babak pertama, Afghanistan gencar melakukan serangan lewat Farshad Noor, Fareed Sadat, Noor Husin, dan Faysal Shayesteh.

Beruntung, jantung pertahanan Timnas Indonesia yang dikawal Elkan Baggott dan Fachruddin Aryanto masih sigap menghalaunya. Babak pertama diakhiri tanpa ada gol yang diciptakan oleh kedua tim. Kedudukan sementara 0-0 menghiasi waktu turun minum.

Pada menit kedua, pertandingan masih berlangsung ketat. Timnas Indonesia masih disiplin dari segi pertahanan melawan serangan Afghanistan.

Satu di antara peluang penting Afghanistan lahir pada menit ke-63. Faysal Shayesteh menerima umpan lewat kerja sama rapi rekan-rekannya dan melepas tembakan keras. Bek kanan Asnawi masih mampu membloknya.

Afghanistan kembali mencatat peluang. Kali ini Adam Najem yang memanfaatkan umpan lambung dari lini belakang dan meneruskannya dengan sundulan. Beruntung, kiper Muhammad Riyandi berhasil menangkapnya.

Pada meni ke-70, Elkan Baggott ditarik keluar oleh Shin Tae-yong. Keputusan ini diambil lantaran sang pemain sempat alami cedera.

Serangan demi serangan, Afghanistan akhirnya berhasil unggul pada menit ke-85. Omid Popalzay berhasil mengonfersi umpan dari Mustafa Hadid. Skor 1-0 untuk Afghanistan.

Hingga pertandingan berakhir, tidak ada gol yang tercipta kembali. Timnas Indonesia terpaksa harus menelan kekalahan atas Afghanistan di laga uji coba jelang Piala AFF 2020.