Sukses


    Jelang Piala AFF 2020, Timnas Vietnam Ditinggal Pelatih Kepala?

    Bola.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari Timnas Vietnam bersiap tampil di ajang Piala AFF 2020. Pelatih kepala Timnas Vietnam, Park Hang-seo dikabarkan memikirkan opsi untuk mengundurkan diri.

    Park Hang-seo telah bertugas sebagai pelatih Timnas Vietnam (senior dan U-23) sejak 2017 lalu. Di bawah kendali pelatih asal Korea Selatan itu, Vietnam menjadi kekuatan penting sepak bola Asia Tenggara.

    Vietnam juga mampu berbicara banyak pada level Asia, terutama pada level U-23. Pada Piala Asia U-23 2018 lalu, Vietnam mampu melaju ke babak final. Namun, mereka kalah dari Uzbekistan dengan skor 2-1 dan gagal juara.

    Media asal Vietnam, Thethao 247, menulis kabar yang cukup mengejutkan tersebut. Mereka menyebut Park Hang-seo mungkin memikirkan kesempatan untuk mundur dari posisinya lantaran hasil buruk pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

    "Pelatih Park Hang Seo sedang melalui apa yang bisa disebut sebagai hari-hari 'paling menyedihkan' selama bertahun-tahun di Vietnam. Dia tidak pernah merasa 'tidak berdaya' seperti sekarang," tulis Thethao 247.

    Timnas Vietnam tidak mampu bicara banyak di Grup B. Mereka gagal mendapat satu pun poin dari enam laga yang dimainkan. Vietnam terpuruk di dasar klasemen dengan mencetak empat gol dan kebobolan 12 gol.

    Lawan-lawan yang dihadapi Vietnam memang punya level lebih tinggi. Mereka berada di grup yang sama dengan Arab Saudi, Jepang, Australia, Oman, dan China.

    2 dari 3 halaman

    Tanda-tanda Mengundurkan Diri

    Vietnam kalah dengan skor 1-0 dari Arab Saudi pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2021 zona Asia, Selasa (17/11/2021) malam WIB. Pada laga ini, Park Hang-seo diklaim menunjukkan sikap yang tidak seperti biasanya.

    Park Hang-seo tampak sangat sering berdoa ketika laga berjalan. Raut wajahnya tidak seperti biasanya. Selain itu, pelatih 62 tahun itu juga terdiam untuk waktu yang cukup lama begitu laga usai.

    "Semua orang mengerti bahwa tanda-tanda stres terlihat dari cara yang ditunjukkan Pelatih Park ketika timnas Vietnam bermain. Senyum memudar dan digantikan oleh gelengan kepala tak berdaya," tulis Thetaho 247.

    3 dari 3 halaman

    Perpanjang Kontrak Baru

    Thethao 247 lantas mendapat keterangan dari mantan asisten Park Hang-seo yang tidak disebutkan namanya. Menurut sang sumber, Park Hang-seo sebenarnya punya keinginan untuk mundur dari posisinya menyusul hasil buruk yang didapat.

    "Saya pernah mendengar tentang Pelatih Park berpikir untuk meninggalkan Vietnam. Namun, itu hanya kepercayaan sekilas antara dia dan teman-temannya dan belum muncul di depan media," kata sang sumber.

    Situasi yang dialami Park Hang-seo kini cukup kontras dengan yang terjadi awal bulan ini. Park Hang-seo baru saja mendapatkan kontrak baru dari VFF dan dipercaya untuk menjadi pelatih hingga 2023 nanti.

    Park Hang-seo dibebaskan dari tugas sebagai pelatih Vietnam U-23 usai Sea Games ke-31 agar lebih fokus pada tim senior. Paling dekat, Park Hang-seo diharapkan bisa membawa Vietnam mempertahankan gelar juara Piala AFF akhir tahun ini.

    Disadur dari Bola.net (Asad Arfin, published 17/11/2021)

    Video Populer

    Foto Populer