Sukses


    Menpora Belum Dapat Pengajuan terkait Rencana Menaturalisasi 4 Pemain Eropa untuk Timnas Indonesia Jelang Piala AFF 2020

    Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengaku belum mendapatkan pengajuan dari PSSI terkait rencana menaturalisasi empat pemain keturunan di Eropa untuk Timnas Indonesia.

    "Saya belum mendapatkan pengajuan itu dari PSSI," kata Amali dalam konferensi pers virtual, Kamis (18/11/2021) siang WIB.

    Amali bakal menerima dengan tangan terbuka niatan PSSI untuk menaturalisasi pemain berdarah Indonesia asalkan dapat dibuktikan dengan garis keturunan.

    Sebelumnya, Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengungkapkan bahwa pelatih Shin Tae-yong menyodorkan empat nama pemain keturunan di Eropa untuk dinaturalisasi demi Timnas Indonesia.

    Keempatnya adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers, dan Kevin Diks.

    "Soal pemain keturunan, itu lebih jelas karena punya darah Indonesia ketimbang menaturalisasi pemain yang tidak ada kaitannya sama sekali. Yang penting, pemain itu memilih untuk menjadi Warga Negara Indonesia," jelas Amali.

    2 dari 3 halaman

    Minta Tolong Pemerintah

    Iriawan pernah bilang bahwa PSSI akan meminta bantuan pemerintah. Keinginan itu dilatarbelakangi supaya empat pemain tersebut dapat cepat membela Timnas Indonesia.

    Untuk saat ini, PSSI akan menelusuri garis keturunan empat pemain itu lebih dulu dan menanyakan ke Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers, dan Kevin Diks apakah mau menjadi Warga Negara Indonesia atau tidak.

    "Prosesnya cukup panjang. Namun, kami akan melapor ke pemerintah. Kami minta dispensasi agar bisa mempercepat mereka menjadi WNI," ujar Iriawan beberapa waktu lalu.

    "Setelah ini, kami akan bergerak dan bertanya ke pemerintah, berapa lama kira-kira mereka bisa melalui proses naturalisasi agar bisa memperkuat Timnas Indonesia," ucapnya.

    3 dari 3 halaman

    4 Pemain yang Diminta Shin Tae-yong untuk Dinaturalisasi

    1. Sandy Walsh (Belanda)

    2. Jordi Amat (Spanyol)

    3. Mees Hilgers (Belanda)

    4. Kevin Diks (Belanda)

    Video Populer

    Foto Populer