Sukses


    Menpora Dukung PSSI Menaturalisasi 4 Pemain Eropa untuk Timnas Indonesia Jelang Piala AFF 2020: Jika Klub yang Mengajukan, Saya Tolak!

    Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali membuka dengan tangan terbuka niatan PSSI menaturalisasi empat pemain Eropa untuk Timnas Indonesia.

    Sebelumnya, Mochamad Iriawan selaku Ketua PSSI mengungkapkan bahwa pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyodorkan empat nama keturunan demi dijadikan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

    Keempatnya adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers, dan Kevin Diks.

    Amali mengaku belum menerima laporan secara resmi dari Iriawan terkait rencana naturalisasi itu. Namun, pihaknya mendukung jika permintaan tersebut berasal dari PSSI dan demi Timnas Indonesia, bukan via klub.

    "Saya tidak mau terima usulan dari klub. Kalau dulu, usulan klub diterima. Sekarang tidak. Harus dari PSSI supaya ada yang bertanggung jawab," kata Amali dalam konferensi pers virtual, Kamis (18/11/2021).

    "Kalau usulan klub untuk menaturalisasi pemain, biasanya pemain itu sudah berpindah-pindah tim. Misalnya, saat pengajuan naturalisasi, dia di klub A."

    "Tiba-tiba dalam proses, dia pindah ke klub B. Dalam proses naturalisasinya mau selesai, dia sudah di klub C. Kalau klub yang mengajukan, saya tolak," imbuh Amali.

    2 dari 3 halaman

    Syarat Mutlak dari Menpora

    Amali mengajukan syarat mutlak untuk PSSI sebelum memproses permintaan naturalisasi. Pihaknya bakal meminta bukti garis keturunan terhadap keempat pemain itu.

    "Sekarang syaratnya, pemain harus punya keturunan, lalu ditelusuri dan diminta pembuktiannya. Jangan sampai kejadian seperti sekarang ini," tutur Amali.

    Amali lantas menyindir seorang pemain naturalisasi yang telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) namun belum bisa membela Timnas Indonesia.

    "Jangan sampai kejadian saat ini terulang lagi. Kami itu dulu menganggap, kami terima sudah lengkap. Sekarang tidak, saya perketat," papar Amali.

    "Kalau dia punya keturunan, buktikan keturunan dari mana. Apakah orang tuanya atau kakek dan neneknya. Saya akan minta itu sehingga tidak menyulitkan kami."

    "Dengan begitu, akan lebih mudan dan prosesnya bakal saya percepat jika itu menjadi kebutuhan PSSI," terang menteri dari Partai Golkar itu.

    3 dari 3 halaman

    4 Pemain yang Diminta Shin Tae-yong untuk Dinaturalisasi

    1. Sandy Walsh (Belanda)

    2. Jordi Amat (Spanyol)

    3. Mees Hilgers (Belanda)

    4. Kevin Diks (Belanda)

    Video Populer

    Foto Populer