Serupa Shin Tae-yong, Park Hang-seo Ditinggal 2 Asisten di Timnas Vietnam Jelang Piala AFF 2020

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 24 Nov 2021, 13:45 WIB
Diperbarui 24 Nov 2021, 13:45 WIB
Timnas Vietnam, Park Hang-seo
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo. (Bola.com/Aditya Wany)

Bola.com, Hanoi - Kabar buruk datang untuk Timnas Vietnam beberapa hari jelang Piala AFF 2020. Pelatih Park Hang-seo mengalami nasib serupa dengan Shin Tae-yong, yakni kehilangan asistennya.

Park Hang-seo harus kehilangan dua asistennya, Kim Hyun-tae dan Kim Han-yoon. Kontrak keduanya tidak diperpanjang karena tak ada agenda di Timnas Vietnam U-23 sejauh ini akibat pandemi COVID-19.

Kim Hyun-tae dan Kim Han-yoon merupakan asisten Park Hang-seo di Timnas Vietnam U-23. Mereka punya peran besar dalam membantu Park saat memberikan medali emas SEA Games 2019 untuk Vietnam.

Kim Hyun-tae menerima keputusan dari Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) yang tidak memperpanjang kontraknya. Kim Hyun-tae juga menyebut, pelatih Park Hang-seo tak mampu menyembunyikan kesedihannya karena harus berpisah lebih cepat dari rekannya itu.

"Dalam sebuah pesta kecil untuk kami belum lama ini, Park Hang-seo mengungkapkan kesedihannya karena harus membuat keputusan. Park juga ingin kami bertahan," kata Kim Hyun-tae kepada Chosun Sports.

"Namun, masa kontrak berakhir dan tidak ada turnamen hingga akhir tahun. Saya juga merasa kesulitan selama periode pandemi ini," tegas Kim Hyun-tae yang juga pernah menjadi asisten Guus Hiddink bersama Park Hang-seo di Timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2002.

Setelah mengucapkan perpisahan kepada kedua rekannya, Park Hang-seo langsung fokus ke Timnas Vietnam. Mereka sudah menggelar pemusatan latihan di Vung Tau untuk mempersiapkan Piala AFF 2020.

2 dari 3 halaman

Ditinggal 3 Asisten

Foto: Mengintip Persiapan Timnas Indonesia Jelang Keberangkatan ke Pemusatan Latihan di Turki
Di pemusatan latihan nanti, Indonesia akan melakukan laga uji coba untuk persiapan jelang menghadapi Piala AFF 2020. Pasukan Shin Tae-yong akan bertanding melawan Afghanistan (16/11/2021) dan Myanmar (25/11/2021) di Turki. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Nasib serupa lebih dulu dialami pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pada Agustus 2021, Shin Tae-yong harus ditinggal tiga asistennya jelang Piala AFF 2020.

Mereka adalah Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, dan Lee Jae-hong. Ketiganya mengikuti jejak Gong Oh-kyun yang sudah lebih dulu cabut pada Desember 2020.

Namun, Shin Tae-yong kini sudah memiliki asisten baru. Mereka adalah Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu, dan Dzenan Radoncic.

3 dari 3 halaman

Hasil Undian Piala AFF 2020

AFF - Drawing Piala AFF 2020
AFF - Drawing Piala AFF 2020 (Bola.com/Adreanus Titus)
Lanjutkan Membaca ↓